Jelang Lebaran, Operator Telekomunikasi Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Pemeriksaan BTS
Seorang pekerja sedang melakukan pemeriksaan BTS.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sejumlah operator telekomunikasi di Tanah Air mulai berbenah, memerbaiki kapasitas jaringan menjelang Lebaran.

Diprediksi bakal terjadi kenaikan jaringan selama masa arus mudik balik Lebaran, terutama di daerah tujuan mudik atau wisata.

Pj Group Head XL Axiata untuk area DIY dan Jateng Arif Farhan Budiyanto mengatakan pihaknya telah siap menghadapi lonjakan trafik menjelang mudik dan masa libur panjang Lebaran. Hal itu disampaikan lewat daring, kemarin.

Arif menjelaskan, total jaringan 4G XL Axiata di Jateng telah menjangkau lebih dari 7.900 desa/kelurahan dan 547 kecamatan serta 35 kota/kabupaten.

Diperkirakan, peningkatan trafik secara signifikan akan terjadi di beberapa daerah tujuan mudik.

Menurut Arif, Kabupaten Kebumen misalnya diperkiraan peningkatan mencapai 61 persen dan Purworejo 58 persen serta Pemalang 54 persen.

Sedangkan Kabupaten Gunung Kidul sebelum 44 persen, Kulon Progo 34 persen dan Bantul 21 persen.

“Selain meningkatkan kapasitas, kami melakukan optimalisasi jaringan dengan melihat pola mobilitas pelanggan dan masyarakat pada periode libur Lebaran yang tidak lama lagi,” kata Arif.

Sementara itu President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menyatakan selama masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini jaringan Indosat sudah 100 persen terintegrasi.

Bahkan, pihaknya juga telah melakukan uji jaringan di beberapa jalur mudik dan tujuan wisata.

Menurut Vikram, diperkirakan kenaikan trafik data tertinggi sekira 20 persen dibandingkan hari biasa selama periode libur Lebaran tahun ini.

Hal iyu dikarenakan meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video semacam YouTube dan TikTok maupun Instagram dan tentu WhatsApp.

“Perusahaan telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, serta menambahkan kapasitas data lebih dari 30 persen untuk lonjakan trafik data harian. Hal ini merupakan bagian dari komitmen dan dukungan Indosat untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan dalam menyambut hari raya Idul Fitri,” ucap Vikram.

Lebih lanjut Vikram menjelaskan, pihaknya juga melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian di seluruh Tanah Air. (Bud)