Polda Jateng Sebar 21 Ribu Amankan Lebaran

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan arahan kepada jajaran TNI/Polri dalam pengamanan Lebaran.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah menyebar 21 ribu lebih personel kepolisian, yang akan mengamankan pelaksanaan Lebaran tahun ini.

Jajaran Polda Jateng bersama instansi terkait, akan mengamankan arus mudik maupun balik Lebaran tahun ini.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan dalam rangka mengamankan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, jajarannya siap menggelar Operasi Ketupat Candi 2023. Hal itu dikatakan usai menggelar rapat koordinasi, kemarin.

Kapolda menjelaskan, pelaksanaan Operasi Ketupat Candi akan dilaksanakan mulai 18 April hingga 1 Mei 2023.

Sekira 21 ribu personel akan dilibatkan, dalam kegiatan operasi tersebut.

Menurut kapolda, jajaran kepolisian bersama instansi terkait mengajak masyarakat akan bahu membahu dan memaksimalkan peran masing-masing dalam mengamankan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

“Jadi operasi akan berlaku mulai tanggal 17 April, dan mulai apel gelar pasukan. Personel yang dilibatkan sebanyak 21 ribu yang kita sebar ke 253 pos pam dan pos pelayanan di seluruh wilayah Jawa Tengah,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, diperkirakan puncak arus mudik Lebaran tahun ini terjadi pada 19 April 2023.

Oleh karena itu, pihaknya sudah menyiapkan jalur-jalur yang nantinya akan dilalui para pemudik pulang ke kampung halaman.

Sementara Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono menambahkan, dalam mendukung operasi ketupat Candi 2023 ada 3.860 anggota TNI disiapkan di seluruh komando kewilayahan di bawah kendali dandim.

Selain itu, terdapat 1.080 personel cadangan yang siap digerakkan setiap saat untuk membantu pengamanan.

“Prajurit tersebut nanti akan diperbantukan untuk mendukung kepolisian dan pemerintah dalam pengamanan mudik dan balik Lebaran,” ucap pangdam. (Bud)