Tiga Daerah di Jateng Ini Konsumsi BBM Paling Tinggi Saat Arus Balik Lebaran

Antre di SPBU
Sejumlah kendaraan saat antre di SPBU.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah mencatat, jumlah pemudik tahun ini mengalami peningkatan cukup besar dan terdapat dua momen puncak konsumsi BBM saat arus balik pada 25 April dan 1 Mei 2023.

Saat arus balik terjadi, tiga daerah di Jawa Tengah mengalami peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) khususnya pemudik yang menuju Jakarta.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan saat puncak arus balik pada 25 April hingga 1 Mei 2023, terus mengalami kenaikan sebesar 22 persen. Hal itu dikatakan melalui siaran pers secara daring, kemarin.

Brasto menjelaskan, konsumsi tersebut naik dibanding rerata normal harian 12.736 KiloLiter (KL) per hari.

Tren konsumsi untuk arus balik dapat terlihat di beberapa kota yang dilalui di jalur balik menuju Jakarta, selama periode H+3 hingga H+9 Lebaran.

Menurut Brasto, konsumsi Gasoline tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes dengan peningkatan konsumsi mencapai 501 KL per hari atau meningkat 43,5 persen dibandingkan rerata normal yang hanya 349 KL per hari.

Kemudian Kabupaten Pekalongan juga meningkat menjadi 313 KL persen hari atau naik sebesar 43,2 persen dibandingkan kondisi normal 218 KL per hari, dan Pemalang sebesar 353 KL per hari atau naik 36 persen dibandingkan kondisi normal di angka 259 KL per hari.

“Tim Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri 2023 Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah telah berakhir secara keseluruhan, bekerja mengamankan ketersediaan pasokan dan pendistribusian energi selama dua momen besar dari tanggal 1 April hingga 2 Mei 2023 kemarin. Selama masa Satgas RAFI 2023, Pertamina memastikan pelayanan bisa berjalan baik dengan memberikan layanan tambahan khusus dibandingkan kondisi normal,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, kepolisian, TNI, Jasa Marga dan seluruh pihak yang terlibat dalam mendukung kelancaran operasional dan menyukseskan layanan energi sepanjang masa Satgas Ramadan dan Idul Fitri 2023.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu menyalurkan BBM dan elpiji selama masa libur Lebaran kemarin. Kami juga mengapresiasi kesetiaan konsumen yang telah memilih produk-produk berkualitas Pertamina untuk menemani mudik Lebaran di wilayah Jawa Tengah dan DIY,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBI Jateng Dukung Pengembangan Desa Wisata Lebih Maju
Artikel selanjutnyaMenyorot Kebijakan Pemerintah yang Akan Memulihkan Nama Baik 39 Eksil 1965