Libur Lebaran, Hampir 4 Juta Wisatawan Kunjungi Jateng

Relief di Candi Borobudur
Seorang pemandu wisata menjelaskan tentang relief di Candi Borobudur.

Semarang, Idola 92,6 FM – Disporapar Jawa Tengah mencatat, sepanjang libur Lebaran kemarin hampir empat juta wisatawan mengunjungi sejumlah tempat wisata di provinsi ini.

Beberapa destinasi wisata yang menjadi incaran wisatawan di antaranya Candi Borobudur, Taman Candi Prambanan dan Masjid Syeikh Zayed juga menjadi magnet bagi wisatawan.

Kabid Pemasaran Wisata Disporapar Jateng Setyo Irawan mengatakan ada 3.953.914 wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di provinsi ini. Hal itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, kemarin.

Setyo menjelaskan, pada tahun ini terjadi perubahan tren kunjungan wisata.

Hal ini diindikasikan dengan jumlah wisatawan yang cenderung menurun bila dibanding pada tahun sebelumnya.

Menurut Setyo, pada 2022 kemarin kunjungan ke destinasi wisata bisa mencapai 5,3 juta orang.

Penurunan jumlah kunjungan wisatawan itu dipengaruhi beberapa hal di antaranya euforia wisatawan cenderung memilih bersilaturahim ke sanak famili ketimbang berwisata.

Beberapa destinasi wisata itu di antaranya Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Taman Candi Prambanan di perbatasan Klaten-Sleman, Punthuk Setumbu di Kabupaten Magelang, Candi Mendut dan Pawon di Kabupaten Magelang dan Candi Plaosan di Klaten.

Dampak dari tingkat kunjungan wisatawan, memberi pengaruh terhadap okupansi hotel di Jateng.

“Okupansi hotel di Jateng selama libur Lebaran diperkirakan mencapai 65 persen. Dengan rata-rata jumlah tamu menginap pada periode 19-26 April 2023 sebanyak 741 orang per hotel dan lama menginap 1,5 hari,” pungkasnya. (Bud)