PLN Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir di Jateng

SEMARANG, RADIO IDOLA 92,6 FM – PLN memberikan bantuan berupa paket sembako dan uang tunai kepada masyarakat yang terdampak bencana di wilayah Semarang, Pati, Rembang, Kudus, Pekalongan dan Kendal dengan total nilai 117 juta rupiah. Bantuan ini disalurkan dengan menggunakan dana YBM (Yayasan Baitul Maal) yang merupakan kumpulan dari zakat, infaq dan sedekah para pegawai PLN.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Wahyu Jatmiko beserta jajaran juga turut terjun langsung untuk melakukan inspeksi kelistrikan dan memberi bantuan warga di wilayah Semarang yang terdampak bencana akibat cuaca buruk pada Selasa (3/1).

Wahyu Jatmiko menyampaikan bahwa PLN turut hadir membantu meringankan beban masyarakat terdampak bencana di samping juga melakukan pengamanan dan pemulihan sistem kelistrikan.

“Tugas PLN memang untuk melakukan pengamanan dan pemulihan sistem kelistrikan, namun sebagai perusahaan BUMN, PLN mempunyai tanggungjawab untuk turut hadir dan ikut serta meringankan beban masyarakat. Melalui bantuan ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan sementara masyarakat hingga kondisi pulih.“ tutur Wahyu Jatmiko.

Gunarto, Lurah Gebangsari, Genuk, Semarang mewakili warga terdampak banjir di wilayahnya menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan dari PLN yang telah diterima.

“Saya mewakili warga masyarakat Gebangsari, Genuk mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PLN, bantuan ini akan meringankan beban warga yang terdampak banjir.” tutur Gunarto

Dalam kesempatan ini, Wahyu Jatmiko juga mengatakan bahwa pada saat ini PLN akan terus berusaha supaya aliran listrik di wilayah terdampak dapat sepenuhnya pulih. PLN juga berkoordinasi dengan BPBD ataupun pemerintah daerah setempat.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan karena terganggunya aliran listrik akibat cuaca buruk ataupun banjir. Untuk keamanan kelistrikan kami terpaksa memutus aliran listrik di beberapa tempat yang berpotensi menimbulkan bahaya kelistrikan.” jelas Wahyu Jatmiko.

Sebelumnya, pada Minggu (1/1) cuaca buruk melanda di sebagian wilayah Pantura tak terkecuali Semarang yang  menyebabkan ratusan bangunan, baik rumah maupun fasilitas publik lain mengalami kerusakan termasuk jaringan listrik.

Wahyu Jatmiko juga mengucapkan terima kasih kepada pelanggan terdampak atas kesabaran dan menghimbau apabila pelanggan ingin melaporkan gangguan ataupun mendapatkan informasi terkait kelistrikan, termasuk meminta aliran listrik dipadamkan didaerah banjir dapat melalui Aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center 123.(tim)