PLN Siap Dukung Kebijakan Pemerintah Terkait Bauran Energi

Petugas PLN
Petugas PLN menjaga pasokan dan keandalan listrik di Kota Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta menegaskan komitmennya, dalam mendukung program pemerintah terkait Net Zero Emission pada 2060 mendatang.

Melalui kegiatan Hari Listrik Nasional (HLN) tahun ini, PLN mengusung tema Accelerating Renewable Energy, We’re The New Energy sebagai bagian mendukung kebijakan bauran energi.

General Manager PLN UID Jateng-DIY Soffin Hadi mengatakan pihaknya terus berupaya, agar kebijakan bauran energi yang ditetapkan pemerintah bisa diimplementasikan secara nyata di wilayah Jateng-DIY. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya usai mengikuti HUT ke-78 HLN, Jumat (27/10).

Soffin menjelaskan, pada 2030 mendatang sumber tenaga fosil yang digunakan PLN tinggal 24 persen.

Oleh karena itu, PLN memersiapkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dan memersiapkan pensiun dini pembangkit fosil guna menjawab tantangan ke depan.

Nantinya, pada 2060 mendatang menuju Net Zero Emission.

“Kita sudah terima permohonan dan kerja sama dari masyarakat, pabrik atau instansi yang menggunakan PLTS Atap. Ada 425 pelanggan yang sudah bekerja sama dengan PLN menggunakan listrik tenaga surya dan itu interkoneksi dengan jaringan PLN,” kata Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, HLN merupakan bukti nyata PLN hadir untuk negeri melalui berbagai peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Peringatan HLN menandai kiprah PLN, dalam menghadirkan kelistrikan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan warga di wilayah Jateng-DIY.

“HLN tahun ini menandai PLN UID Jateng-DIY telah berkiprah selama 78 tahun menghadirkan listrik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan kesejahteraan warga Jawa Tengah dan DIY. PLN terus bertransformasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat di semua sektor,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Deteksi Dini Potensi Permasalahan Pemilu
Artikel selanjutnyaPerbarindo Jateng Buat Mobil Edukasi, Datangi Masyarakat Beri Literasi Keuangan