PLN Siapkan Pengamanan Listrik 5 Lapis di Stadion Manahan Jelang Final Pildun U-17

PLN menyiapkan ruang kontrol untuk memantau keandalan listrik di Stadion Manahan Solo.

Semarang, Idola 92,6 FM-Menjelang final Piala Dunia (Pildun) U-17 yang akan digelar di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (2/12), PLN menyiapkan pengamanan listrik lima lapis.

Pertandingan final Pildun U-17 memertemukan timnas Jerman melawan timnas Prancis.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menyukseskan gelaran Pildun U-17 yang digelar di Tanah Air, dari mulai awal babak penyisihan hingga final. Pernyataan itu disampaikan saat melakukan pemeriksaan persiapan di lokasi pertandingan, Jumat (1/12).

Darmawan menjelaskan, PLN mendukung penyelenggaraan pildun secara maksimal hingga gelaran final dan penutupan di Stadion Manahan.

“PLN akan all out memastikan listrik untuk gelaran partai final piala dunia U-17 ini, sehingga kebesaran nama Indonesia akan semakin dikenal dunia dan meyakinkan dunia bahwa Indonesia siap menggelar ajang-ajang olahraga internasional serupa,” kata Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah-DIY Mochamad Soffin Hadi menambahkan, pihaknya menerjunkan tim khusus untuk memastikan keandalan listrik di final Pildun U-17.

Hal ini akan semakin menguatkan skema pengamanan lima lapis pasokan yang didukung Uninterruptible Power Supply (UPS), tiga sumber penyulang kelistrikan dan genset sebagai lapis terakhir.

Menurutnya, Stadion Manahan Solo menggunakan lampu LED berkekuatan tinggi dengan sistem penerangan field of play (FOP) 1.500 lux dan dapat dioptimalkan hingga sebesar 2.400 Lux.

Dalam keadaan pertandingan kelas dunia seperti saat ini, operasional stadion membutuhkan daya kelistrikan sebesar 3.580 KiloWatt.

“Kami melakukan inspeksi instalasi kelistrikan stadion secara menyeluruh pada panel kelistrikan di seluruh area Stadion Manahan dan kelistrikan tersebut juga dipantau langsung keandalannya oleh personel kami. Selain itu kita juga cek instalasi penunjang seperti untuk Video Assistant Referee (VAR), Air Conditioner dan titik stop kontak yang berpotensi korsleting sebab terkena air hujan,” ujar Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, untuk mengawasi areal Stadion Manahan seluas 170 ribu meter persegi pihaknya menempatkan Mobile Electricity Distribution Command Post sebagai posko kendali.

Posko tersebut untuk memantau seluruh kegiatan operasi kelistrikan, dari hulu hingga stadion utama dan lapangan latihan.

Selain menjaga keandalan listrik untuk menyemarakkan gelaran Pildun U-17, PLN membuka booth di sekitar areal Stadion Manahan yang menyediakan berbagai permainan.

“Seluruh penonton bisa mengikuti permainan yang disediakan di area booth PLN. Terdapat berbagai souvenir menarik, silahkan kunjungi booth PLN,” pungkasnya. (Bud)