Prodi Kompak Polines Raih Akreditasi Internasional

Prodi Komputerisasi Akuntansi
Prodi Komputerisasi Akuntansi (Kompak) Sarjana Terapan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari Higher Education Evaluation and Accreditation Council of Taiwan (HEEACT) Taiwan. (Photo/Dok. Polines)

Semarang, Idola 92.6 FM – Program Studi (Prodi) Komputerisasi Akuntansi (Kompak) Sarjana Terapan, Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil mendapatkan akreditasi internasional.

Akreditasi itu diberikan oleh Higher Education Evaluation and Accreditation Council of Taiwan (HEEACT) merupakan sebuah lembaga akreditasi internasional independen yang berasal dari Taiwan.

Direktur Polines, Prof Dr Totok Prasetyo, B.Eng (Hons), MT, IPU, ASEAN.Eng, ACPE mengaku senang dan bangga Prodi Kompak bisa mendapatkan akreditasi internasional. “Prodi ini sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi A secara nasional makanya kami ikutkan untuk akreditasi internasional,” katanya di ruang kerja Direktur, Kampus Polines, Tembalang, Semarang, Jumat (27/1).

Prof Totok menambahkan, dengan diraihnya akreditasi internasional ini juga sekaligus sebagai implementasi delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang dikeluarkan Kemendikbud-ristek, sehingga semakin banyak prodi yang mendapatkan akreditasi maka Kemendikbud-ristek akan memberikan penghargaan dan dana tambahan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebagai bonus keunggulan IKU.

“Capaian ini juga akan meningkatkan akreditasi institusi Polines,” ujar Prof Totok.

Prof Totok berharap, ke depan prodi di Polines yang berjumlah 27 prodi bisa mendapatkan peningkatan akreditasi baik nasional maupun internasional.

“Akreditasi ini menjadi sebuah keharusan baik akreditasi institusi maupun akreditasi program studi. Ini menjadi prasyarat bagi institusi lainnya baik eksternal maupun mitra untuk menerima lulusan Polines,” tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, Higher Education Evaluation & Accreditation Council of Taiwan (HEEACT) berdiri pada tahun 2005 dan mulai melakukan penilaian atas institusi pendidikan dan perguruan tinggi di Taiwan pada tahun 2006. Secara resmi pada tahun 2007 mulai diberikan tangung jawab melakukan proyek riset perankingan, baik nasional maupun secara global.

Perolehan akreditasi internasional ini merupakan komitmen dan sejalan dengan visi Polines sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia yang menjalankan proses penyelenggaraan pendidikan dengan standar dan kualitas internasional.

“Dengan adanya akreditasi HEEACT pada prodi Kompak Sarjana Terapan menunjukkan kematangan program studi dalam penyelenggaraan pendidikan dalam berbagai aspek perjalanan mahasiswa; mulai dari perkuliahan, enrichment bahkan hingga menjadi alumni,” tandas Prof Totok. (ros/her)