Siapkan Keberlanjutan Program Wirausaha, Polines Jadi Tuan Rumah Pengukuhan Forum Kewirausahaan Pemuda Jateng

Polines
Politeknik Negeri Semarang (Polines) menjadi tuan rumah dalam pengukuhan Pengurus Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Jawa Tengah 2023 di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Polines lantai 2, Kamis (30/11/2023). (Foto Dok. Polines)

Semarang, Idola 92.6 FM-Politeknik Negeri Semarang (Polines) menjadi tuan rumah dalam pengukuhan Pengurus Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Jawa Tengah 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Polines lantai 2, Kamis (30/11/2023).

Salah satu dosen di Politeknik Negeri Semarang Misbakhul Arrezqi, S.E., M.M., didapuk menjadi ketua Umum FKP Jawa Tengah 2023-2026. Selain itu, Direktur Politeknik Negeri Semarang Prof. Totok Prasetyo menjadi Ketua Dewan Pembina FKP Jawa Tengah 2023-2026.

Misbakhul Arrezqi atau sosok yang akrab disapa Rezqi itu menuturkan, adanya Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Jawa Tengah menjadi salah satu program pasca pembibitan calon wirausahawan muda mahasiswa Polines. Calon-calon wirausahawan ini sebelumnya sudah dibentuk dan diarahkan, serta dibiayai melalui beberapa program. Di antaranya ialah Wirausaha Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Program Wirausaha Mahasiswa (PWM) Polines.

“Karena itu kami berharap, mahasiswa Polines tidak hanya unggul dan terampil menjadi pekerja, tetapi juga bisa membuat lapangan kerja. Melalui PWM contohnya, ide inovasi wirausaha mahasiswa akan dibiayai oleh kampus hingga bisa menjadi produk jadi,” ujarnya.

Rezqi melanjutkan, visi dan misi ke depan dari FKP memiliki beberapa poin yang juga mendukung harapan Polines khususnya dalam bidang kewirausahaan. Salah satunya adalah mencetak 100 ribu pengusaha muda yang tentunya mahasiswa Polines bisa terlibat di dalamnya.

“Sesuai visi organisasi FKP yakni mengembangkan semangat kewirausahaan di kalangan pemuda, kami dari Polines tentunya menerima dengan baik, apalagi beberapa mahasiswa sudah kami dampingi, bahkan beberapa sudah mengikuti dan menjuarai berbagai lomba tingkat nasional,” imbuhnya.

Disampaikan Rezqi bahwa dengan adanya FKP, diharapkan ke depannya kolaborasi terkait bidang kewirausahaan baik di tingkat individu hingga institusi bisa terjalin dengan baik. Apalagi, diketahui bahwa FKP memiliki banyak jejaring seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga Kementerian Dalam Negeri.

“Selain itu ada banyak program FKP yang di antaranya ialah Sekolah Vokasi Wirausaha Muda, pelatihan kewirausahaan, hingga central wirausaha muda,” tandasnya. (ros/her)