Prof Oman Fathurrahman, Peraih Habibie Prize 2023

Prof. Dr. Oman Fathurrahman M.Hum
Guru Besar UIN Jakarta Prof. Dr. Oman Fathurrahman M.Hum., (kanan) menerima penghargaan Habibie Prize 2023. (DOK.Laman UIN Jakarta)

Jakarta, Idola 92.6 FM – Guru Besar Bidang Filologi pada Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Oman Fathurrahman, M.Hum meraih Habibie Prize 2023. Habibie Prize tahun ini untuk pertama kalinya diberikan kepada sivitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan.

Dilansir dari medcom.id (11/11/2023), Oman meraih penghargaan tersebut dalam bidang Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan. Habibie Prize digelar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk memberikan apresiasi kepada perseorangan yang aktif dan sangat berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan berbagai kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif serta bermanfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian.

Menurut Kang Oman, dirinya meyakini, Habibie Prize yang ia terima bukan semata penghargaan untuk seorang Oman. Melainkan lebih dari itu sebagai pengakuan terhadap keilmuan filologi yang memiliki tujuan mulia menggali memori kolektif bangsa dalam manuskrip.

Kang Oman selain sebagai pengajar di kampusnya, juga peneliti di Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM)), Pengampu Ngariksa (Ngaji Manuskrip Kuno Nusantara) dan Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah Depok.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Prof. Dr. Oman Fathurrahman, M.Hum meraih Habibie Prize 2023/Guru Besar Bidang Filologi pada Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: