BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Pada Musim Hujan

Guswanto BMKG
Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). (Photo/Istimewa)

Semarang, Idola 92.6 – Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terhadap dampak cuaca ekstrem pada musim hujan tahun ini. Diketahui sejumlah wilayah dihadapan dengan bencana tanah longsor, banjir, dan pohon tumbang.

Di Jawa Tengah, curah hujan tinggi mengakibatkan tebing longsor pada Senin dinihari, 4 Desember 2023. Longsor akibat curah hujan tinggi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari (Lintas Cirebon – Purwokerto) di Banyumas membuat perjalanan 12 Kereta Api yang melintas di jalur Selatan, terdampak.

Sebelumnya, Jumat (1/12) malam, banjir bandang dan longsor melanda Desa Simangulampe Baktiraja Kabupaten Humbang Husundutan Sumatera Utara sekitar pukul 21.30 WIB. Hingga Senin (04/12) siang, sebanyak 11 warga dikabarkan masih hilang dan dalam pencarian tim Basarnas.

Banjir bandang dan tanah longsor
Banjir bandang dan tanah longsor terjadi di Desa Simangulampe, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. Tim SAR pun mengerahkan alat berat untuk mencari 10 orang yang masih hilang setelah bencana itu terjadi. (Photo/Detik)

Lalu, kapan cuaca ekstrem berlangsung?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: