Punya Produk Berkualitas dan Pangsa Pasar Jelas, UMKM Binaan Pertamina Layak Ikut SMEXPO 2023

Pelaku UMKM mitra binaan Pertamina
Salah satu pelaku UMKM mitra binaan Pertamina sedang melayani calon pembeli di SMEXPO 2023 di Mal Paragon.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak 30 UMKM yang berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, berkesempatan mengikut Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) yang diselenggarakan di atrium Mal Paragon Semarang mulai Jumat-Minggu (3-5/11).

Mulai dari UMKM fesyen, kuliner hingga kerajinan mengikuti kegiatan yang memertemukan antara penjual dengan pembeli secara langsung.

VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Pertamina SMEXPO diselenggarakan tidak hanya di Jakarta saja tapi juga di Balikpapan, Pekanbaru Semarang.

Fajriyah menjelaskan, dalam gelaran SMEXPO 2023 di Kota Semarang ditargetkan bisa tercapai transaksi penjualan sebesar Rp10 miliar.

Sehingga, bukan hanya sekadar pameran saja tapi juga ada workshop untuk masyarakat maupun pelatihan kepada pelaku UMKM guna meningkatkan kualitas produknya.

Menurut Fajriyah, untuk bisa mengikuti SMEXPO ini para pelaku UMKM dilakukan kurasi dan ada 30 UMKM di wilayah Semarang dan sekitarnya serta dari wilayah Yogyakarta bisa mengikuti pameran.

“Yang pertama adalah kualitas barangnya untuk bisa lolos kurasi dan ikut pameran. Kemudian ada demand-nya. Semarang ini kan kantong industri dan kantong UMKM, dan tidak kalah penting track record dari pelaku UMKM yang mengembalikan pinjaman lakukan,” kata Fajriyah.

Fajriyah lebih lanjut menjelaskan, secara nasional ada 66 ribu pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan dari Pertamina sejak 1993 silam hingga tahun ini.

Pada gelaran SMEXPO tahun ini, dilibatkan sebanyak seribu pelaku UMKM yang telah dilakukan kurasi sebelumnya.

“Setiap UMKM yang kami libatkan itu telah menjalani pembinaan dan pendampingan maksimal tiga tahun, dan setelahnya diharapkan bisa mandiri serta berkembang sendiri,” jelasnya.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Aji Anom Purwasakti menambahkan, kegiatan SMEXPO merupakan salah satu tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk membantu pelaku UMKM memasarkan produknya langsung ke pembeli.

Menurut Aji Anom, biasanya kegiatan SMEXPO hanya diadakan di Jakarta saja dan tahun ini digelar juga di luar Jakarta.

“Alhamdulillah tahun ini ada tiga kota lainnya selain Jakarta yang juga menyelenggarakan SMEXPO. Yakni, dalam rangka mewadahi untuk promosi produk para UMKM mitra binaan kita,” ujar Aji Anom.

Aji Anom berharap, masyarakat akan berbelanja produk-produk yang ditawarkan pelaku UMKM.

Sehingga, tidak hanya dapat meningkatkan ekonomi UMKM tapi juga menggerakkan perekonomian Indonesia. (Bud)