Qonny Ilma Nafianti, Peternak Ayam Milenial dari Ciamis

Qonny Ilma Nafianti
Qonny Ilma Nafianti, peternak ayam milenial dari Desa Sekasari Tambaksari Ciamis Jawa Barat dan pemilik Qomafi Farm Group.(Dok Qonny)

Ciamis, Idola 92.6 FM – Meski orangtua memiliki usaha peternakan yang mapan, anak muda satu ini memilih merintis usaha secara mandiri. Ia tak hendak berada dalam bayang-bayang sekadar “menikmati” jerih payah orangtuanya di bidang peternakan.

Anak muda tangguh itu adalah Qonny Ilma Nafianti (27 tahun) yang dikenal sebagai peternak ayam milenial dari Desa Sekasari Tambaksari Ciamis Jawa Barat yang juga pemilik Qomafi Farm Group.

Qonny Ilma Nafianti
Qonny Ilma Nafianti, peternak ayam milenial dari Desa Sekasari Tambaksari Ciamis menyiapkan pakan untuk ayam ternaknya.(Dok Qonny)

Qonny mengawali usaha di bidang peternakan ayam sejak usia 21 tahun. Ia berusaha mandiri dengan membuat peternakan sendiri yang terpisah dari usaha sang ayah dan berjarak tiga kilometer dari rumah. Kini, ia punya puluhan mitra untuk mengembangkan usahanya.

“Mitra itu tersebar di tiap kecamatan, alhamdulillah ada. Malah meluas di luar Ciamis, seperti Tasik dan Baturaden,”kata Qonny kepada radio Idola, pagi (23/10) tadi.

Qonny Ilma Nafianti
Meskipun sukses dalam usaha ternak ayam, tapi Qonny Ilma Nafianti tetap terjun langsung ke kandang untuk ikut memberi makan ayam.(Dok Qonny)

Ia menjelaskan untuk saat ini, ia mempunyai 11 ribu ekor ayam sentul. Dengan jumlah itu, cukup ditangani oleh 3-4 orang karena pemeliharaan ayam sentul lebih mudah dibanding ayam ras.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Qonny Ilma Nafianti, peternak ayam milenial dari Desa Sekasari Tambaksari Ciamis Jawa Barat dan pemilik Qomafi Farm Group. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: