Refleksi Hari Anak Nasional: Apa Perbaikan yang Perlu Kita Lakukan pada Lingkungan Tumbuh Kembang Anak?

Anak-anak Bermain
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Bermain merupakan sifat naluriah seorang anak. Ketika anak telah memasuki usia yang aktif, aktivitas yang paling mengasyikan untuk mereka adalah bermain.

Bermain merupakan kebahagiaan bagi anak-anak karena mereka dapat mengekspresikan berbagai perasaannya. Selain itu, manfaat bermain lainnya juga dapat membantu si kecil untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Melalui permainan, anak-anak juga dapat mengembangkan semua potensinya secara optimal, baik potensi fisik maupun mental intelektual dan spiritual.

Namun mirisnya, tak sedikit orang tua berpikir kalau aktivitas bermain tidak ada gunanya. Padahal, bermain memiliki banyak manfaat untuk proses pertumbuhan anak karena mereka dapat mempelajari banyak hal dari bermain. Mulai dari membantu mengembangkan imajinasi anak, kreativitas, serta kemampuan dalam memecahkan masalah.

Lalu, merefleksi Hari Anak Nasional: Apa perbaikan yang perlu kita lakukan pada lingkungan tumbuh kembang anak? Apa saja faktor penghambat tumbuh kembang anak?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, yakni: Prof Dian Ratna Sawitri, (Dekan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang) dan Dr Hamid Patilima (Aktivis Anak dan Tim Ahli Pengembangan Kota Layak Anak). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: