Reza Permadi, Perintis Digitalisasi Desa Wisata Peraih SATU Indonesia Awards 2023

Reza Permadi
Reza Permadi, CEO PT Atourin Teknologi Nusantara dan perintis Digitalisasi Desa Wisata dari Provinsi DKI Jakarta, peraih SATU Indonesia Awards 2023 bidang Teknologi.(Dok Reza)

Jakarta, Idola 92.6 FM – Pada tahun 2019, anak muda kreatif ini meluncurkan program Atourin Visitor Management System (AVMS). Program rintisan ini didesain mampu membantu pengelola destinasi atau desa wisata untuk menjual paket, atraksi wisata, dan layanannya secara daring.

Saat ini, sekitar 100 desa wisata di Indonesia telah menggunakan AVMS dengan pola kemitraan. Atourin juga membantu mereka membangun database pengunjung dan mencatat keuangan.

Sosok inventor itu adalah Reza Permadi, CEO PT Atourin Teknologi Nusantara dan perintis Digitalisasi Desa Wisata dari Provinsi DKI Jakarta, peraih SATU Indonesia Awards 2023 bidang Teknologi.

Menurutnya, ada hambatan untuk melebarkan program ini agar desa wisata di seluruh Indonesia bisa memanfaatkan AVMS. Yaitu, SDM dan teknologi.

Meski demikian, Reza tetap optimis, target agar sekitar 4500 desa wisata yang sudah terdaftar di website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bisa berkolaborasi dengan sistem AVMS.

“Target kami, di Atourin, kita menargetkan memang di tahun 2030, ya itu tadi, ada 4500 desa wisata ini sudah berkolaborasi dengan Atourin menggunakan sistem AVMS tadi, supaya kita bisa menyongsong itu, pariwisata berkelanjutan, salah satunya melalui fitur teknologi,”ungkap Reza kepada radio Idola, pagi (16/11) tadi.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Reza Permadi, CEO PT Atourin Teknologi Nusantara dan Perintis Digitalisasi Desa Wisata dari Provinsi DKI Jakarta, peraih SATU INDONESIA AWARDS 2023-bidang Teknologi. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaEgo Sektoral Pemerintah Hambat Aksi Iklim: Bagaimana Mengurai Problem ini?
Artikel selanjutnyaBagaimana Mencegah atau Setidaknya Meminimalkan Disinformasi Jelang Pemilu 2024?