Tamar Widadi, Pendiri Rumah Baca Sanak Negeri di Air Naningan Lampung

Tamar Widadi
Tamar Widadi Pendiri Rumah Baca Sanak Negeri di Desa Air Kubang Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung.(Dok Tamar)

Lampung, Idola 92.6 FM – Di tengah aktivitasnya sebagai seorang guru honorer di SMA Negeri 1 Air Naningan Kabupaten Tanggamus, sosok ini memberikan literasi gratis dan ruang belajar bagi anak-anak di pelosok kampung sejak 2015. Di rumah bacanya tersedia lebih dari 1.000 judul buku yang bisa dibaca secara gratis.

Sosok itu adalah Tamar Widadi (32 tahun) pendiri Rumah Baca Sanak Negeri di Desa Air Kubang Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung. Menurut Tamar, awalnya ia hanya menyediakan buku bacaan. Namun sekarang sudah ada kegiatan lain yang bervariasi.”Kegiatannya untuk saat ini, kayak menari, ada bikin kerajinan tangan, permainan edukatif,”tutur Tamar kepada radio Idola, pagi (29/09) tadi.

Anak-anak Desa Air Kubang
Anak-anak Desa Air Kubang Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung, asik membaca buku yang disediakan di Rumah Baca Sanak Negeri.(Dok Tamar)

Rumah baca Jalosi Sanak Negeri juga menjadi wadah edukasi konservasi untuk anak-anak. Edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan satwa liar diberikan karena kecamatan Air Naningan berbatasan langsung dengan kawasan Hutan Lindung Batutegi.

Lalu adakah pihak lain/lembaga lain yang mendampingi Tamar mengedukasi anak-anak di rumah baca? Apa harapan Tamar dengan kegiatan literasi yang dibangun sejak 8 tahun lalu?

Bermain untuk bersosialisasi
Setelah membaca buku bacaan, anak-anak bermain untuk bersosialisasi.(Dok Tamar)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Tamar Widadi, pendiri Rumah Baca Sanak Negeri di Desa Air Kubang Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus Lampung. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: