Yurni Handayani, Pendiri Kaindea Study Center dari Samarinda

Yurni Handayani
Yurni Handayani (akrab dipanggil Uning), pendiri Kaindea Study Center Samarinda Kalimantan Timur. Uning terpilih menjadi juara 3 pemuda pelopor Kemenpora Tingkat Nasional 2023 bidang pendidikan. (Dok Uning)

Samarinda, Idola 92.6 FM – Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap nasib generasi bangsa masa depan sosok satu ini menginisiasi sebuah yayasan. Sejak 2008, ia concern membina anak usia dini.

Sosok itu adalah Yurni Handayani. akrab dipanggil Uning (27), pendiri Kaindea Study Center Samarinda Kalimantan Timur. Yayasan yang didirikan pada 2021 lalu itu concern pada pembinaan anak usia dini.

Menurut Uning, ia mengawali aktivitas mengajak anak-anak di lingkungannya berkegiatan positif kala belum kuliah. Pada tahun 2008, dirinya terketuk karena di sekitar lingkungan tempat tinggal banyak kegiatan judi, dan sabung ayam.“Mengapa 2008 terketuk? Karena miris melihat anak-anak itu, mungkin saya gak bisa mengubah orang tuanya, tapi bisa mengubah anak-anak,”tutur Uning kepada radio Idola, pagi (02/11) tadi.

Yurni Handayani_kegiatan
Kegiatan di Kaindea Study Center Samarinda.(Dok Uning)

Menurut Uning yang saat ini sedang menempuh program S2, Kaindea Study Center menaungi dua institusi pendidikan mulai tingkat PAUD hingga TK yang diberi nama Cakrawala Kaki Langit (Cakala).”Aktivitas di sini pagi sampai malam, tapi bergantian,”jelas Uning. Dengan kata lain, dari pagi sampai malam, bermacam aktivitas dari belajar hingga mengaji ada di sini.

Yurni Handayani_bermain
Tak hanya belajar. Anak-anak di Cakrawala Kaki Langit juga diajak bermain.(Dok Uning)

Kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, diapresiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Uning terpilih menjadi juara 3 pemuda pelopor Kemenpora Tingkat Nasional 2023 bidang pendidikan.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Yurni Handayani, pendiri Kaindea Study Center Samarinda Kalimantan Timur. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPeduli Kesehatan, Siswa SMAN 5 Semarang Diajak Skrining Riwayat Kesehatan
Artikel selanjutnyaBagaimana Perguruan Tinggi Menyiapkan Talenta Menuju Indonesia Emas 2045?