Bagaimana Perguruan Tinggi Menyiapkan Talenta Menuju Indonesia Emas 2045?

Indonesia Emas 2045
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemerintah saat ini tengah gencar melakukan hilirisasi yang diyakini akan membuat Indonesia naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju. Selain penyiapan infrastruktur fisik, manajemen talenta juga dibutuhkan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Apalagi pada tahun 2045, Indonesia akan memasuki usia emas atau satu abad dimana ditargetkan bisa mejadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya.

Untuk itu, Kampus dengan Tri Dharma Pendidikannya yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sangat diharapkan kontribusinya untuk menghasilkan talenta–talenta yang mumpuni dan berdaya saing tinggi. Perguruan tinggi berperan penting dalam mempersiapkan, mencetak, dan membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

Lalu apa saja tantangan yang masih harus dihadapi oleh perguruan tinggi—dalam menyiapkan talenta–talenta yang berkualitas? Serta, seberapa jauh daya dukung ‘ekosistem’ sehingga membuat talenta-talenta muda kita semakin tumbuh dan berkembang—sambil mengakumulasi pengalaman?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber, yakni Rektor Terpilih Universitas Diponegoro Semarang, Prof Suharnomo dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek, Prof Sri Suning Kusumawardani. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaYurni Handayani, Pendiri Kaindea Study Center dari Samarinda
Artikel selanjutnyaPakai Data Pribadi Nasabah, Dua Karyawan Bank Rugikan Orang Lain Hingga Miliaran Rupiah