117 Ribu TPS Bakal Dijaga 234 Ribu Anggota Linmas se-Jateng

Anggota Satlinmas Jateng
Anggota Satlinmas Jateng siap mengamankan TPS Pemilu 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM-Sebanyak 234.598 anggota Satlinmas di seluruh Jawa Tengah, bakal ikut mengamankan TPS saat Pemilu 2024.

Ratusan ribu anggota Satlinmas tersebut, akan disebar di 117.299 TPS yang ada di seluruh wilayah Jateng.

Pj Gubernur Nana Sudjana tugas utama dari anggota Satlinmas adalah menjaga ketertiban umum, dan keamanan di tingkat desa atau kelurahan. Pernyataan itu dikatakan saat bertemu dengan anggota Satlinmas se-Jateng di Solo, belum lama ini.

Nana menjelaskan, masing-masing TPS nantinya akan disiagakan dua personel Satlinmas.

Saat ini, jumlah Satlinmas yang ada sebanyak 195.015 personel dan akan ditambah perekrutan dari KPU Jateng.

Menurut Nana, KPU Jateng akan merekrut kekurangannya dan nanti bekerja sama dengan Satpol PP serta kepala desa di masing-masing wilayah.

“Satlinmas ini bukan muncul karena ada pemilu saja, tetapi memang sudah ada setiap harinya. Kalian adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan trantibum dan keamanan, karena ada di tingkat kelurahan atau desa,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menghimbau kepada Satlinmas di masing-masing daerah, untuk meningkatkan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

Selain itu juga berkoordinasi dengan kepala desa, untuk ikut menyukseskan pemilu dengan mengajak masyarakat datang memberikan hak pilih di TPS.

“Saya minta untuk mengajak masyarakat agar datang ke TPS saat pemungutan suara. Jangan lupa sosialisasi agar tidak ada masyarakat yang golput. Sebab tingginya partisipasi masyarakat merupakan salah satu kunci sukses pemilu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaYuk Cus Yang Mau Jadi Pengawas TPS, Pendaftaran Sudah Dibuka
Artikel selanjutnyaEkspor Jateng Masih Dikuasai 3 Negara Besar Ini, Cek Mana Saja