Yuk Cus Yang Mau Jadi Pengawas TPS, Pendaftaran Sudah Dibuka

Pemilu 2024
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92,6 FM-Bawaslu Jawa Tengah secara resmi membuka pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024, mulai 2 Januari 2024.

Pendaftaran bisa dilakukan di kantor panwaslu kecamatan setempat.

Komisioner Bawaslu Jateng Rofiuddin mengatakan pendaftaran Pengawas TPS dibuka mulai 2 Januari 2024, dan pendaftaran ditutup pada 6 Januari 2024. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Rofi menjelaskan, jajaran Bawaslu Jateng sudah siap menerima pendaftar Pengawas TPS.

Pendaftaran dilakukan di masing-masing kantor Panwaslu kecamatan.

Menurut Rofi, sebelum pendaftaran dimulai Bawaslu Jateng sudah melakukan rapat koordinasi secara berjenjang agar para pengawas pemilu dapat memahami ketentuan pembentukan Pengawas TPS.

“Bawaslu Jawa Tengah bersama dengan jajaran sangat gencar melakukan sosialisasi dengan berbagai cara. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial berbagai platform, kunjungan sosialisasi ke kampus atau perguruan tinggi, talk show di stasiun televisi dan stasiun radio, mengumumkan di papan pengumuman hingga tingkat kelurahan/desa dan RT RW dan lain sebagainya,” kata Rofi.

Lebih lanjut Rofi menjelaskan, pihaknya meminta kepada jajaran Panwaslu kecamatan untuk siap menerima pendaftar Pengawas TPS.

Kantor Panwaslu kecamatan harus terus buka, dan petugas penerima pendaftaran selalu siaga.

“Pembentukan atau rekrutmen Pengawas TPS bersifat terbuka. Siapapun berhak untuk ikut mendaftar. Sejauh memenuhi syarat maka semua dapat memiliki kesempatan yang sama menjadi Pengawas TPS pemilu 2024,” jelasnya.

Diketahui, jumlah Pengawas TPS yang direkrut sesuai jumlah TPS di Jateng sebanyak 177.299 orang. (Bud)