Wow.. Ratusan Ribu Orang Daftar Pengawas TPS Pemilu 2024

Seleksi administrasi
Anggota panwaslu kecamatan saat melakukan seleksi administrasi terhadap berkas pelamar calon Pengawas TPS.

Semarang, Idola 92,6 FM-Bawaslu Jawa Tengah mencatat, ada ratusan ribu orang yang berminat mendaftar sebagai Pengawas TPS Pemilu 2024.

Pada Pemilu 2024 nanti, dibutuhkan 117.299 orang Pengawas TPS.

Komisioner Bawaslu Jateng Rofiuddin mengatakan tercatat ada 132.237 orang, yang mendaftar sebagai calon Pengawas TPS Pemilu 2024. Hal itu dikatakan saat dihubungi, kemarin.

Rofi menjelaskan, jumlah pendaftar tersebut melebihi dari jumlah yang dibutuhkan sebagai Pengawas TPS.

Menurut Rofi, jumlah pendaftar paling banyak berasal dari Kabupaten Brebes mencapai 7.287 orang dan disusul dari Banyumas sebanyak 6.494 orang serta dari Cilacap sebanyak 6.633 orang.

Jumlah pendaftar yang cukup banyak itu, merujuk pada jumlah kebutuhan TPS di masing-masing daerah.

“Panwaslu kecamatan se-Jawa Tengah melakukan proses seleksi setidaknya dua tahap, yakni tahap seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Seleksi administrasi guna memastikan pendaftar atau calon Pengawas TPS benar-benar memenuhi syarat sebagai Pengawas TPS. Adapun seleksi wawancara dilakukan untuk memastikan calon Pengawas TPS benar-benar layak menjadi Pengawas TPS,” kata Rofi.

Lebih lanjut Rofi menjelaskan, panwaslu kecamatan se-Jateng selanjutnya akan mengumumkan pendaftar yang lolos seleksi adminitrasi.

Nantinya, yang lolos administrasi akan mengikuti seleksi wawancara di tahap berikutnya.

“Panwaslu kecamatan juga membuka kanal/ruang tanggapan/masukan dari masyarakat terkait dengan calon-calon Pengawas TPS. Jika ada calon Pengawas TPS yang dianggap tak memenuhi syarat ataupun dianggap memiliki catatan/jejak rekam buruk, maka warga bisa melaporkan ke panwaslu kecamatan di masing-masing daerah,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Salurkan Bantuan 15 Ton Beras Untuk Warga Sragen
Artikel selanjutnyaTernyata Tersangka Sudah 10 Tahun Bisnis Perdagangan Anjing, Segini Untungnya