Polda Jateng Siagakan Unit Patroli Jaga Pemilu Susulan di Demak

Kombes Pol Basya Radyananda
Kombes Pol Basya Radyananda, Karo Ops Polda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Polda Jawa Tengah menyiagakan personel yang berasal dari Polres Demak, guna melakukan patroli di wilayah Kecamatan Karanganyar saat berlangsung pemilu susulan Sabtu (24/2).

Karo Ops Kombes Pol Basya Radyananda mengatakan untuk di wilayah Kecamatan Karanganyar Demak, digelar pemilu susulan dan dilakukan di 10 desa. Hal itu dikatakan saat ditemui di Mapolda, kemarin.

Menurutnya, pemilu susulan dilakukan karena beberapa waktu lalu terjadi banjir bandang dan menyebabkan KPU Kabupaten Demak menunda pelaksanaan Pemilu 2024.

Basya menjelaskan, ada 114 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang melakukan pemungutan susulan.

Demi kelancaran pemilu susulan tersebut, pihaknya membantu Polres Demak melakukan penjagaan dan pengamanan.

“Petugas tidak hanya menjaga di sekitar TPS tapi di seluruh wilayah yang ada di 10 desa di Kecamatan Karanganyar. Ada unit patroli yang dibentuk untuk menjaga wilayah permukiman maupun lokasi pengungsian,” kata Basya.

Lebih lanjut Basya menjelaskan, pola pengamanan pemilu susulan di Demak tidak jauh berbeda dengan pengamanan saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Yakni, setiap TPS akan ditempatkan dua personel polisi dibantu satu anggota TNI.

“Dari pantauan terakhir kami di lapangan, masih ada beberapa genangan air tapi sudah sangat kondusif untuk dilakukan pemungutan suara susulan. KPU Demak juga tidak yang merelokasi TPS,” pungkasnya. (Bud)