Bagaimana Mengantisipasi Lonjakan Pemudik yang Diperkirakan Meningkat hingga 56 Persen?

Mudik Lebaran 2024
Ilustrasi

Semarang, Idola 92.6 FM – Tak terasa dalam beberapa hari lagi, sebagian warga masyarakat Indonesia khususnya kaum muslim akan merayakan Lebaran atau hari Raya Idul Fitri 1445 H. Menyongsong hari raya itu, masyarakat Indonesia akan melakukan tradisi mudik ke kampung halaman.

Pasca Pandemi Covid-19, antusiasme warga mudik kian bertambah. Bahkan, tahun ini Polri memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik hingga 56 persen dibanding tahun 2023 lalu.

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai Polri menggelar rapat koordinasi lintas sektoral soal kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 di Hotel Jakarta, Senin kemarin. Rakor dipimpin langsung oleh Jenderal Sigit dan turut dihadiri Menko PMK Muhadjir Effendy.

Lalu, sejauh mana kesiapan kita menyongsong tradisi mudik Lebaran 2024? Bagaimana mengantisipasi lonjakan pemudik yang diperkirakan meningkat hingga 56 persen? Belajar dari euforia pemudik pasca Pandemi Covid-19 lalu, apa saja yang mesti disiapkan sejak sekarang?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber: R. Sony Sulaksono Wibowo MT (Pengamat Transportasi dari ITB) dan Agus Pambagio (Pengamat Kebijakan Publik). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: