Bagaimana Mestinya Negara Mendayagunakan Peran Swasta di Dunia Pendidikan?

Pendidikan Tinggi
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Transformasi pendidikan tidak bisa dilakukan oleh pemerintah semata. Peran swasta dalam membangun sistem pendidikan yang berkualitas perlu didorong agar bonus demografi bisa diwujudkan menjadi Indonesia Emas 2045. Jika semua terlibat, maka sistem pendidikan akan menghasilkan kualitas manusia yang inovatif dan inklusif.

Studi yang dilakukan Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) tahun 2024 menunjukkan: kelebihan pemerintah dalam wewenang dan anggaran akan sangat efektif apabila digabungkan dengan kelebihan swasta dalam hal fleksibilitas dan inovasi. Kolaborasi antarpemangku kepentingan sangat penting untuk mengoptimalkan program pendidikan dan mengatasi tantangan yang muncul selama lima tahun terakhir.

Maka, ketika transformasi pendidikan tidak bisa dilakukan pemerintah semata. Peran swasta juga dinilai krusial dalam membangun sistem pendidikan yang berkualitas.

Lalu, bagaimana mestinya negara mendayagunakan peran swasta di dunia Pendidikan? Apa saja peran yang bisa diambil Swasta? Dan bagaimana mengintegrasikannya dengan Pemerintah?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber: Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung/ Pengamat Kebijakan Pendidikan, Prof Cecep Darmawan. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: