Dia Gunawan, Aktivis Lingkungan dari Kabupaten Sambas

Dia Gunawan
Dia Gunawan, aktivis lingkungan dari Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.(Foto: Dia)

Sambas, Idola 92.6 FM – Perempuan satu ini dikenal sebagai aktivis lingkungan dari Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Bersama rekan-rekannya ia menggelar diklat, sekolah alam, hingga menanam pohon.

Sosok itu adalah Dia Gunawan. Dia Gunawan bersama kelompok pecinta alamnya bernama Kami Pecinta Alam (Kamipala Kalbar) turun tangan mencoba memberikan perubahan dan kontribusi menjaga lingkungan Kalimantan Barat. Karena selama ini, berbagai permasalahan lingkungan mendera Kalimantan Barat seperti kebakaran hutan, penebangan pohon illegal hingga banjir dan longsor.

Bersama teman-teman kampus Universitas Tanjung Pura Pontianak (saat kuliah), Dia kemudian aktif berkegiatan dalam bidang lingkungan. Atas dedikasi di bidang lingkungan, pada 2022, ia menerima Apresiasi SATU Indonesia tingkat Provinsi.

Dia bercerita tantangan dalam mengajak teman-temannya untuk bergabung dalam komunitas ini. Menurut Dia, rerata alasannya karena gak menghasilkan uang dan justru mengeluarkan uang. “Gak mau mengeluarkan uang pribadi untuk kegiatan ini,”jelas Dia kepada radio Idola Semarang, pagi (04/02) tadi.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Dia Gunawan, aktivis lingkungan dari Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: