Event Olahraga Jadi Daya Dorong Ekonomi Daerah

Sekda Jateng Sumarno saat mengikuti Purwokerto Half Marathon 2024, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM-Kegiatan olahraga yang digelar pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Jawa Tengah, tidak hanya menggalakkan olahraga tapi juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sekda Jateng Sumarno mengatakan kegiatan olahraga yang menghadirkan ribuan orang, diyakini mampu mendongkrak ekonomi daerah dari sektor konsumsi. Hal itu dikatakan usai mengikuti Purwokerto Half Marathon 2024 yang diikuti ribuan peserta dari sejumlah daerah di Indonesia di Purwokerto, Minggu (12/5).

Sumarno menjelaskan, ribuan peserta yang berasal dari luar daerah dipastikan menginap dan makan serta berbelanja di Banyumas.

Lomba yang digagas pemprov bersama Pemkab Banyumas itu, rute jalan perkotaan dengan start dan finish di kawasan Menara Teratai Purwokerto.

“Olahraga juga bisa jadi cara kita untuk menggerakkan ekonomi suatu daerah. Terlebih lagi kalau semakin banyak tamu atau peserta yang datang, tentu mereka akan berbelanja makanan atau oleh-oleh,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, lomba tersebut merupakan bagian dari rangkaian Jateng Sport Tourism Event (Specta) 2024.

Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam event tersebut meliputi lima kilometer, 10 kilometer dan 21 kilometer.

“Event di Purwokerto ini juga diharapkan mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Purwokerto dan sekitarnya. Wisata alamnya luar biasa, apalagi sekarang masyarakat banyak yang menyukai wisata alamnya,” pungkasnya. (Bud)