Gagal Panen, 1.360 Petani dari 5 Kabupaten di Jateng Terima BLT

BLT gagal panen
Penyerahan BLT gagal panen bagi petani di Kabupaten Grobogan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Lebih dari seribu petani yang ada di lima kabupaten di Jawa Tengah, menerima bantuan langsung tunai (BLT) gagal panen dari pemerintah pusat.

BLT gagal panen yang diterima ribuan petani itu, sebagai dana stimulan kepada petani yang mengalami gagal panen akibat bencana banjir tahun kemarin.

Presiden Joko Widodo mengatakan ribuan petani yang menerima BLT gagal panen itu berasal dari Kabupaten Grobogan, Demak, Jepara, Pati dan Kudus. Hal itu disampaikan di sela penyerahan bantuan di GOR Bung Karno Purwodadi, kemarin.

Presiden Jokowi menjelaskan, luas lahan yang terdampak bencana alam banjir di Jateng mencapai 16.321 hektare dengan jumlah petani terdampak 6.439 orang.

Bantuan yang diberikan kepada petani terdampak, masing-masing sebesar Rp8 juta per hektare.

“Gagal panen padi akibat bencana alam kekeringan dan banjir tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga melanda berbagai negara di belahan dunia. Bahkan, tidak sedikit negara pengekspor beras yang kini mengalami penurunan produktivitas.

Menurut Presiden Jokowi, peran petani dipandang penting dalam penyediaan bahan pangan untuk penduduk Indonesia yang mencapai 280 juta jiwa.

Sehingga, ketika bencana alam menerjang sawah dan mengakibatkan gagal panen maka pemerintah harus membantu petani agar segera dapat menanam kembali. (Bud)

Artikel sebelumnyaLebih Dari 500 Desa Pelosok di Jateng Tahun Ini Terjangkau Program Internet Desa
Artikel selanjutnyaKementerian ATR Sebut Nilai Ekonomi Sertifikasi Tanah di Jateng Capai Rp99,7 Triliun