Inacraft 2024 di Jakarta, Jateng Bawa 13 Kabupaten/kota Berpatisipasi

Stan Jateng di Inacraft 2024
Stan Jateng di Inacraft 2024 ramai didatangi pengunjung.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dekranasda Jawa Tengah mengajak 13 kabupaten/kota di provinsi ini, untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pameran kriya International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta Convention Center.

Ajang berlangsung mulai 28 Februari hingga 3 Maret 2024, dan melibatkan 65 UKM di seluruh Indonesia.

Pj Ketua Dekranasda Jateng Shinta Nana Sudjana mengatakan pihaknya sengaja menggandeng 13 kabupaten/kota di provinsi ini, dan dijadikan satu dalam wadah paviliun. Hal itu dikatakan di sela kegiatan pameran, kemarin.

Menurut Shinta, tidak hanya menampilkan kerajinan tapi di stan milik Jateng juga menunjukkan kesenian utamanya tarian asal Jateng guna mengundang perhatian pengunjung.

Shinta menjelaskan, seluruh UMKM dari Jateng yang diajak merupakan binaan dari Nana Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UKM.

Sementara kabupaten/kota yang ikut serta di antaranya adalah Kabupaten Semarang, Jepara, Purworejo, Klaten serta Kota Semarang dan Kota Pekalongan.

“Dengan konsep dalam satu paviliun, pengunjung bisa melihat berbagai potensi Jawa Tengah. Apalagi ajang pamer itu bertaraf internasional, sehingga diharapkan semakin mengangkat produk UMKM asal Jawa Tengah. Ajang ini menjadi wadah promosi bagi UMKM di Jawa Tengah,” kata Shinta.

Kabid Bina Usaha dan Pemasaran Dinkop UKM Jateng Jani Sugijati menambahkan, produk yang dibawa ke Inacraft 2024 diharapkan bisa membuka peluang pasar baru.

Mengingat, skala pameran menjangkau pasar internasional.

“Harapannya dengan adanya pameran ini, produk UKM Jateng diminati dan menjangkau pasar lebih luas lagi. Kalau secara nominal kita targetkan lebih dari capaian Inacraft tahun lalu lebih dari Rp6 milar,” ucap Sugijati. (Bud)