Mengenal Desa Kaduela Kuningan Jawa Barat, Juara II Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Iim Ibrahim
Iim Ibrahim, ketua Bumdes Arya Kamuning Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.(Foto: Iim)

Kuningan, Idola 92.6 FM – Baru-baru ini, Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat terpilih sebagai juara dua Lomba Desa Wisata Nusantara 2023. Lomba diselenggarakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Prestasi tersebut tak lepas dari kerja keras para punggawa Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Arya Kamuning Desa Kaduela yang telah melakukan pembenahan potensi alam yang dimiliki desa tersebut hingga menjadi objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Salah sosok yang berjasa itu adalah Iim Ibrahim, ketua Bumdes Arya Kamuning.

Menurut Iim, sebelum jadi seperti sekarang ini, mereka tertatih-tatih untuk menggali potensi desa. Dengan perjuangannya, bahu membahu, supaya potensi desa bisa dinikmati dan mempunyai nilai jual, warga terus bergerak. Bumdes Arya Kamuning mulai melakukan pengembangan wisata Desa Kaduela pada tahun 2019 dengan menggarap Telaga Biru Ciceureum.

“Awalnya kami mengelola Telaga Biru Ciceureum. Modal sendiri, taka da bantuan modal,”tutur Iim kepada radio Idola, pagi (30/04) tadi. Semua dikerjakan oleh warga Desa Kaduela. Sekarang tempat wisata tersebut bisa memperkerjakan sekitar 250 warga desa.

Pada 2021, terjadi lonjakan kunjungan wisata ke Telaga Biru Ciceureum yang cukup signifikan. Sampai-sampai, dalam kurun waktu satu setengah tahun Bumdes Arya Kamuning bisa menyetorkan dana sharing untuk PADes Kaduela sekitar Rp 586 juta.

Selengkapnya, mengenal desa wisata Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Iim Ibrahim, ketua Bumdes Arya Kamuning. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaIni Lho Manfaat Jika Pemkab Grobogan Ikut Kerja Sama OP4D Bersama DJP Jateng I
Artikel selanjutnyaHakim Konstitusi Arsul Sani Tetap Ikut Tangani Sengketa Pemilu 2024 terkait PPP, Tapi Tidak Ikut Memutus, Bagaimana Cara Menghindari Conflict of Interest?