Mengenal Wisata Desa Bunder Gunungkidul bersama Galuh Rakasiwi

Kegiatan Desa
Salah satu kegiatan di desa wisata Desa Bunder Kecamatan Patuk Gunung Kidul DI Yogyakarta.(Foto; Galuh)

Gunungkidul, Idola 92.6 FM – Untuk mengembangkan potensi desa dan meningkatkan ekonomi warga, sosok satu ini bersama rekan-rekannya menginisiasi desa wisata di Desa Bunder Kecamatan Patuk Gunung Kidul DI Yogyakarta. Mereka tidak hanya menjual tempat wisata sebagai objeknya tetapi juga memberdayakan masyarakat sebagai subjeknya.

Galuh Rakasiwi
Galuh Rakasiwi, penggagas desa wisata Desa Bunder Kecamatan Patuk Gunung Kidul DI Yogyakarta.(Foto: Galuh)

Sosok itu adalah Galuh Rakasiwi, penggagas desa wisata di Kampung Kemuning Desa Bunder. Galuh menyampaikan, sebelumnya potensi alam di desanya kurang dikembangkan menjadi desa wisata. Padahal telaga desa dan pemandangan di sekitar, bisa menarik wisatawan.

Menurut Galuh, ide mengembangkan desa wisata di dusun Kemuning selain karena alamnya, juga agar pemuda desa tak meninggalkan kampung halaman menuju kota untuk bekerja.”Banyaknya pemuda yang urbanisasi meninggalkan kampung halaman, padahal mereka ujung tombak desa,”demikian alasan Galuh yang disampaikan dalam wawacara di radio Idola Semarang, pagi (04/04) tadi.

Lalu konsep seperti apa yang ditawarkan Galuh dan tim untuk menarik wisatawan? Bagaimana akses menuju ke tempat tersebut?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Galuh Rakasiwi, penggagas desa wisata Desa Bunder Kecamatan Patuk Gunung Kidul DI Yogyakarta. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: