Mengenal “Klinik Welas Asih” Gunung Kidul DIY bersama Yustinus Prastowo

Yustinus Prastowo
Yustinus Prastowo Inisiator “Klinik Welas Asih” Ngunut Playen Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. (photo/yustinusprastowo.id)

Yogyakarta, Idola 92.6 FM – Untuk meringankan beban warga lansia dan warga yang berisiko penyakit hipertensi dan diabetes, sosok satu ini mendirikan “Klinik Welas Asih” di Ngunut Playen Gunung Kidul DI Yogyakarta. Bahkan, ia menggratiskan semua layanan alias cuma-cuma kepada warga.

Sosok dibalik berdirinya klinik itu adalah Yustinus Prastowo yang juga staf ahli Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Klinik yang didirikan pada November 2021 ini merupakan bagian dari mimpi besar Yustinus. Tujuannya tak lain untuk membantu warga sekitar terutama para lansia dan warga yang berisiko penyakit hipertensi dan diabetes.

Klinik Welas Asih
Seorang warga sedang periksa kesehatan di “Klinik Welas Asih” Ngunut Playen Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. (photo/yustinusprastowo.id)

Di rumah orang tuanya tersebut, dilengkapi fasilitas dua ruang periksa, stetoskop, tensimeter, timbangan, alat ukur kolesterol/gula/asam urat, termometer, oksimeter, oxygen concentrator, serta obat-obatan dan vitamin. Selain itu ada dokter, dan perawat yang siap melayani warga.

Klinik Welas Asih
photo/yustinusprastowo.id

Seminggu sekali klinik ini menyediakan pemeriksaan gratis untuk warga, untuk sekadar mengecek tekanan darah, detak jantung, atau kadar kolesterol, gula, dan asam urat. Bagi yang terpapar risiko akan diberikan obat dan vitamin. Jika kondisi agak berat dan mengkhawatirkan akan dirujuk ke Puskesmas atau RSUD.

Kegiatan Klinik Welas Asih
Salah satu kegiatan di “Klinik Welas Asih” Ngunut Playen Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. (photo/yustinusprastowo.id)

Mudahnya, klinik hanya membantu mendeteksi dan mengenali gejala lebih awal agar bisa diantisipasi dengan lebih baik. Klinik ini tidak hanya untuk warga setempat, tapi warga dari mana saja boleh melakukan pemeriksaan.”Setiap minggu juga kami bagi makanan sehat dan senam lansia,”tutur Yustinus.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Yustinus Prastowo, inisiator “Klinik Welas Asih” Ngunut Playen Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaDinsos Jateng Kirim Bantuan Logistik ke Wilayah Terdampak Banjir Rob
Artikel selanjutnyaBPK Temukan Program Kartu Prakerja Tak Tepat Sasaran, Apa Langkah yang Mesti Dilakukan?
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang