Dinsos Jateng Kirim Bantuan Logistik ke Wilayah Terdampak Banjir Rob

Dapur umum di Puskesmas Sayung
Relawan menyiapkan nasi bungkus di dapur umum di Puskesmas Sayung 1.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Sosial bersama BPBD Jawa Tengah mengirimkan bantuan logistik kepada sejumlah warga yang daerahnya terdampak banjir rob, Selasa (24/5). Dinsos Jateng juga memastikan, logistik yang dikirimkan bisa memenuhi kebutuhan makanan warga selama lima hari depan.

Kepala Dinsos Jateng Harso Susilo mengatakan ada 22 ribu warga yang terdampak banjir rob, di wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Bantuan logistik dikirimkan ke Kabupaten/Kota Pekalongan dan Brebes serta Pati dan Rembang.

Harso menjelaskan, Dinsos Jateng juga menyiapkan peralatan mandi bagi warga dan peralatan memasak di dapur umum. Apabila dalam lima hari ke depan logistik sudah menipis dan warga masih berada di titik pengungsian, maka akan dioptimalkan bantuan logistik dari Kementerian Sosial.

Menurutnya, Dinsos bersama BPBD Jateng juga setiap hari menyalurkan 1.200 nasi bungkus ke warga di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.

“Kita dorongkan logistik kita bersama Tagana dan BPBD, kita support. Kita mengoptimalkan peran Kemensos, dan tadi malam sudah ada sebagian bantuan yang didrop ke Kota Semarang dan Demak. Masing-masing satu truk. Untuk bantuan yang kita salurkan bisa digunakan sampai lima hari, nanti kalau kurang kita tambah lagi. Dan kita terus pantau dalam 2-3 hari ke depan,” kata Harso.

Lebih lanjut Harso menjelaskan, untuk di wilayah Kabupaten Demak di Kecamatan Sayung ada empat desa yang terdampak banjir rob. Bantuan logistik berupa nasi bungkus, diberikan sehari tiga kali kepada ribuan warga.

“Untuk di wilayah Sayung, posko dapur umum dipusatkan di Puskesmas Sayung 1. Pemerintah menyediakan logistik kepada masyarakat, dan sampai saat ini logistik masih aman,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnya230 Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi Ditangani Polri
Artikel selanjutnyaMengenal “Klinik Welas Asih” Gunung Kidul DIY bersama Yustinus Prastowo
Wartawan senior Radio Idola Semarang.