Peduli Warga Terdampak Banjir, Solidaritas Warga Rowosari dan Slamet Meteseh Boja Kirim Logistik ke Demak

Peduli warga terdampak banjir di wilayah Demak Jawa Tengah, solidaritas warga Dusun Rowosari dan Slamet Desa Meteseh Boja Kendal, mengirim bantuan logistik dan pakaian pantas pakai, Rabu (27/03/2024) di lokasi pengungsian, di Desa Loireng Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Jawa Tengah. (Foto Dok. Istimewa)

Demak, Idola 92.6 FM – Peduli warga terdampak banjir di wilayah Kaupaten Demak Jawa Tengah, solidaritas warga Dusun Rowosari dan Slamet Desa Meteseh Boja Kendal, mengirim bantuan logistik dan pakaian pantas pakai, Rabu (27/03/2024). Bantuan didistribusikan di salah satu desa yang masih terdampak banjir, yakni Desa Loireng Kecamatan Sayung. Tercatat, ratusan warga mulai dari anak-anak hingga orangtua masih di pengungsian selama kurang lebih 2 pekan.

Bantuan diserahkan Ketua Panitia Penggalangan Dana, Imroatun Jamila, kepada Kepala Desa Loireng, Ibu Tika, didampingi sekretaris desa setempat. Penyerahan bantuan turut diantar dan disaksikan Bapak Kristiawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak. Sebelumnya, tim relawan dilepas oleh Kepala Desa Meteseh, Sisyanto, S.Sos dari Dusun Rowosari.

Menurut Imroatun Jamila, dana yang terkumpul dari penggalangan dana mencapai Rp30.268.500,00. Selain itu, juga pakaian pantas pakai puluhan kardus. Seluruh dana dibelanjakan dalam bentuk barang untuk keperluan dapur umum dan kebutuhan sehari-hari.

“Selain itu, dari pihaknya, bantuan juga mendapat tambahan dari gerakan serupa di Dusun Slamet sebanyak Rp6.514.856,00 dan belasan dus pakaian bekas,” ujar perempuan yang juga pegiat Pokdarwis Abyudaya Desa Meteseh.

Karang Taruna Desa Meteseh turut ikut dalam rombongan dan membantu distribusi paket bantuan logistik. (Foto Dok. Istimewa)

Imroatun menjelaskan, penggalangan dana terselenggara atas gotong royong warga dalam tajuk “Penggalangan Dana Rowosari Peduli” sejak Sabtu, 23 Maret 2024. Seluruh elemen masyarakat mulai dari ketua RT, ketua RW. 05 Dusun Rowosari, kadus Rowosari, Ibu-ibu PKK Dusun Slamet, Karangtaruna, Remaja Masjid, Remaja Gereja, Komunitas PSHT.

“PKK dan komunitas remaja serta PSHT, dibantu LINMAS dan Banser membuka posko penggalangan dana di perempatan jalan rowosari. Ketua RT sesuai dengan wilayah RT masing-masing memfasilitasi warganya. Lalu, di hari Minggu, 24 Maret, ibu-ibu PKK mengadakan pembagian takjil dan penggalangan dana di lokasi penggalangan dana. Karangtaruna Desa Meteseh juga membuka posko di Jalan Lamerding-Meteseh,” tuturnya.

Imroatun berharap, upaya penggalangan dana yang dilakukannya, bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara warga di Demak yang terdampak bencana banjir.

Lokasi Masih Dikelilingi Banjir

Sementara itu, Koordinator Lapangan Penggalangan Donasi, Kasno, menambahkan, untuk menuju ke lokasi tempat pengungsian warga di Desa Loireng, rombongan harus melewati jalan yang kanan kirinya tambak ikan. Sepanjang jalan yang dilalui juga masih tergenang air setinggi ban mobil.

Tim relawan melakukan trauma healing dengan mengajak anak-anak bercerita, bernyanyi, dan membaca surat-surat pendek. (Foto Dok. Istimewa)

“Di perkampungan juga masih banyak rumah yang tergenang air di bawah lutut. Sebagian lain sudah tidak tergenang air dan masih proses bersih-bersih,” ujar Kasno yang juga Kepala Dusun Rowosari.

Di lokasi acara, rombongan juga mengadakan trauma healing untuk rehabilitasi pascabencana bagi anak-anak. Mengingat, selama dua pekan anak-anak terisolasi dengan kehidupan pada umumnya dan berada dalam satu area bersama banyak orang. Anak-anak diajak bercerita, bernyanyi, dan membaca surat-surat pendek. Usai bermain bersama, anak-anak diberi aneka jajanan.

“Kondisi mereka (para pengungsi-Red) cukup memprihatinkan. Kami berharap dengan kegiatan seperti ini dapat semakin meningkatkan respons sosial dan sedikit bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena bencana,” harapnya.

Sementara, Kepala Desa Meteseh, Sisyanto, berharap, aksi solidaritas yang dilakukan warganya bisa menginspirasi warga yang lain di mana pun berada. Sebab, dalam situasi bencana seperti yang terjadi di Demak ini, seberapapun bantuan akan sangat bermakna bagi warga terdampak.

“Saya juga berterima kasih pada segenap inisiator kegiatan serta para relawan atas curahan tenaga dan pikirannya sehingga bisa terwujud aksi kemanusiaan semacam ini,” tandasnya. (her/tim)