Warga Mulai Terima Bantuan Beras Dari Pemprov

Bantuan beras
Warga mendapatkan bantuan beras cadangan pemerintah.

Semarang, Idola 92,6 FM-Warga di sejumlah daerah di Jawa Tengah mulai menerima bantuan beras dari pemprov, karena dampak kenaikan harga beras akibat musim kemarau panjang yang disebabkan El Nino.

Setelah warga di Kabupaten Demak, kini giliran warga di Sukoharjo menerima bantuan beras dengan hati gembira.

Salah satu warga penerima bantuan beras, Leni Syakbaniyah mengaku senang karena akhirnya beras bantuan pemerintah sudah diterimanya. Hal itu dikatakan saat menerima bantuan beras di Sentra Pengolahan Beras Bulog Sukoharjo, Rabu (20/9).

Menurut Leni, dirinya mendapat bantuan beras sebanyak 10 kilogram dan ditambah minyak goreng dari pemerintah.

Setidaknya, bantuan yang diterima itu cukup untuk makan keluarganya sekira dua pekan.

“Senang banget. Ini sekitar 10 kilogram bisa untuk dua minggu. Karena ada empat orang anggota keluarga. Saya, suami dan dua anak,” ucap Lebih yang tercatat sebagai warga Jetis Pondok Sukoharjo itu.

Warga lainnya, Jito Wiyono mengaku sebagai buruh tani dan penghasilan tiap hari tidak mesti sehingga tidak cukup kebutuhan sehari-hari.

Menurut warga Desa Kepuh itu, bantuan beras dari pemerintah bisa untuk satu bulan.

Kebetulan dirinya hanya tinggal berdua dengan istri di rumah.

Wiyono bercerita, kondisi ekonomi keluarganya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tidaklah cukup hanya mengandalkan sebagai buruh cangkul.

Penghasilannya sekira Rp40 ribu sampai Rp75 ribu sehari.

“Kalau tidak ada bantuan ya makannya kurang. Satu hari setengah kilogram, satu bulan ya sekitar 15 kilogram Ini kan 10 kilogram jadi bisa buat satu bulan. Saya di rumah cuma dua orang, anak sudah berumah tangga dan punya rumah sendiri-sendiri,” ujar Wiyono.

Diketahui, penyaluran beras dari Badan Pangan Nasional melalui Bulog Jateng sebanyak 33.997.540 kilogram untuk September-November 2023.

Bantuan beras itu disalurkan untuk 3.399.754 kepala keluarga (KK), dan penyaluran di Jateng melalui Bulog sebanyak 2.235.378 kilogram (Bud)