Pengembangan Transportasi Masal di Jateng Ditingkatkan Guna Ekonomi Masyarakat

Bus Trans Jateng
Sejumlah pelajar dan masyarakat saat akan naik ke bus Trans Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pengembangan transportasi masal yang ada di Jateng terus ditingkatkan, guna mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Sebab, transportasi mempunyai peran penting karena berhubungan dengan perekonomian di suatu daerah.

Sekda Sumarno mengatakan berbagai upaya pengembangan transportasi masal yang efektif dan efisien terus dilakukan, termasuk upaya mengatasi berbagai persoalan terkait ekonomi hijau. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Menurut Sumarno, pengembangan rangkaian konektivitas transportasi masal di berbagai daerah juga perlu dilakukan.

Tujuannya, agar dapat memudahkan mobilitas masyarakat dari satu daerah ke daerah lain.

Sumarno menjelaskan, pergerakkan logistik yang efektif dan efisien juga berdampak terhadap pengendalian harga maupun inflasi dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Upaya-upaya tersebut perlu dikolaborasikan, baik dengan pemerintah pusat maupun provinsi dan juga kabupaten/kota.

“Karena kalau tidak ada pergerakan manusia dan tidak ada pergerakan barang, itu tidak akan ada dinamika perekonomian yang ada di daerah itu. Untuk transportasi ini kan dari berbagai kewenangan yang ada di situ, bisa berkolaborasi dari berbagai pihak untuk membangun transportasi di Jawa Tengah. Kita berharap bahwa transportasi yang efisien dan efektif bisa menggerakkan perekonomian di Jawa Tengah,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, setiap kabupaten/kota di Jateng harus mampu berinovasi dalam pengembangan transportasi masal bagi masyarakat.

Terutama, di daerah aglomerasi agar lebih mudah terhubung dan memperpendek jarak serta waktu tempuh. (Bud)