Realisasi Pembangunan Pelabuhan Kendal Bakal Terus Didorong

Pelabuhan Kendal
Kawasan Pelabuhan Kendal.

Semarang, Idola 92,6 FM-Keberadaan dari Pelabuhan Kendal mutlak dibutuhkan, dalam upaya mendukung Kawasan Industri Kendal (KIK).

Oleh karena itu, Pemprov Jawa Tengah terus mendorong pemerintah pusat untuk merealisasikan pembangunan pelabuhan niaga di Kendal.

Sekda Sumarno mengatakan keberadaan pelabuhan niaga dinilai penting, karena untuk menggenjot perdagangan di provinsi ini. Hal itu dikatakan usai mengikuti kegiatan Kementerian Perdagangan di Semarang, pekan kemarin.

Sumarno menjelaskan, keberadaan pelabuhan niaga di KIK akan semakin menarik minat investor asing maupun domestik untuk menanamkan modalnya di Jateng.

Selain itu juga, akan mampu meningkatkan perdagangan ekspor.

Menurut Sumarno, selama ini alur perdagangan di Jateng harus melalui pelabuhan di luar provinsi.

Meskipun barang yang akan dikirim ke luar negeri berasal dari Jateng, namun pintu keluarnya lewat Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Priok Jakarta.

“Karena itu menjadi pintu yang sangat strategis untuk meningkatkan perdagangan dari Jateng ke luar negeri. Kalau keluarnya dari Pelabuhan Kendal, maka nilai perdagangannya akan di Jateng. Ini yang akan kita kejar,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, pemprov terus mendorong pemerintah pusat dan stakeholder terkait untuk segera merealisasikan pembangun pelabuhan niaga di KIK.

“Kita sudah ada arah ke sana untuk pembangunan pelabuhan. Itu yang kita harapkan supaya peningkatan perdagangan di Jateng semakin terasa,” pungkasnya. (Bud)