Segini Jarak Aman Jika Beraktivitas di Dekat Jaringan Listrik Saat Musim Hujan

Kegiatan rabas pohon
Petugas PLN saat melakukan kegiatan rabas pohon yang bersinggungan dengan jaringan listrik.

Semarang, Idola 92,6 FM-PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta mengimbau kepada masyarakat, agar tidak beraktivitas di dekat jaringan listrik.

Terutama, di musim hujan sekarang ini karena berpotensi mengancam keselamatan jiwa.

General Manager PLN UID Jateng-DIY Mochamad Soffin Hadi mengatakan masyarakat diimbau untuk waspada, khususnya dalam beraktivitas di dekat jaringan listrik milik PLN. Pernyataan itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Menurutnya, hal tersebut perlu menjadi perhatian untuk mencegah terjadinya kecelakaan pada masyarakat.

Soffin menjelaskan, masyarakat perlu memerhatikan jarak aman saat berkegiatan di sekitar jaringan listrik.

Pihaknya juga mengimbau, agar seluruh pihak berkoordinasi terlebih dahulu dengan PLN sebelum melaksanakan kegiatan yang berisiko terjadi singgungan dengan jaringan listrik.

“Kami berharap masyarakat tetap menjaga jarak aman saat beraktivitas atau bekerja di sekitar jaringan listrik PLN. Untuk Jaringan Tegangan Menengah (TM) 20 KV jarak amannya adalah tiga meter dari jaringan listrik, begitu juga Jaringan Tegangan Rendah (TR) 380V jarak amannya adalah tiga meter,” kata Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, apabila masyarakat akan melakukan aktivitas di dekat jaringan listrik bisa berkoordinasi dengan PLN terdekat.

Sebab, tegangan listrik jaringan PLN cukup tinggi sehingga risiko bahaya sangat besar.

“Mari sama-sama menjaga keselamatan dalam hal kelistrikan. Untuk semua informasi, laporan dan keluhan masyarakat bisa mengakses aplikasi PLN Mobile, Contact Center 123 atau Kantor PLN terdekat,” pungkasnya. (Bud)