Sub-PIN Polio Putaran Kedua Dimulai

Shinta Nana Sudjana
Pj Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana memberikan imunisasi polio kepada seorang anak.

Semarang, Idola 92,6 FM-Kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran kedua, secara serentak dimulai di wilayah Jawa Tengah.

Kick off imunisasi polio dilakukan di Balai Desa Banjardawa, Kabupaten Pemalang.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Jateng Ema Rachmawati mengatakan program tersebut merupakan ikhtiar, untuk mencegah sebaran penyakit polio. Hal itu dikatakan usai melihat kick off imunisasi polio di Kabupaten Pemalang, kemarin.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan menyusul temuan adanya seorang anak di Kabupaten Klaten yang terdeteksi polio usai berkunjung ke Jawa Timur.

Ema menjelaskan, capaian imunisasi polio pada putaran pertama (15 Januari 2024) kemarin mencapai 100,5 persen dari 3,9 juta sasaran anak yang wajib diimunisasi.

“Satu kasus polio ini dianggap kejadian luar biasa. Maka, penting bagi kita semua yang miliki anak di bawah lima tahun tidak lupa memberikan imunisasi baik polio, BCG dan seterusnya,” kata Ema.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, untuk di Kabupaten Pemalang mendapat apresiasi karena mampu memberikan imunisasi polio kepada 157.986 anak dari target Kementerian Kesehatan sebanyak 157.261 anak.

Selain itu, imunisasi polio juga menjadi ikhtiar dalam mencegah stunting karena imunisasi berperan menjaga daya tahan anak terhadap penyakit.

“Yang sudah divaksin (putaran pertama) harus diulang lagi. Kalau pertama diimunisasi polio, yang kedua tidak tidak ada gunanya,” pungkasnya. (Bud)