Pemilu 2024, Angka Partisipasi Pemilih di Jateng Capai 82,5 Persen

Sekda Jateng Sumarno saat menggunakan hak pilihnya di TPS.

Semarang, Idola 92,6 FM-Angka partisipasi pemilih Jawa Tengah pada Pemilu 2024 mencapai 82,5 persen, lebih tinggi bila dibanding periode Pemilu 2019.

Bahkan, penyelenggaraan Pemilu 2024 di Jateng berjalan kondusif dan lancar serta aman.

Sekda Sumarno mengatakan gelaran pemungutan suara Pemilu 2024 di Jateng sudah berlangsung, dan menyisakan di Kecamatan Karanganyar di Kabupaten Demak yang akan melakukan pemungutan suara susulan karena bencana banjir. Hal itu dikatakan saat ditemui di Hotel Padma Semarang, kemarin.

Sumarno menjelaskan, saat pemungutan suara berlangsung pada 14 Februari 2024 kemarin antusiasme masyarakat Jateng terbilang tinggi.

“Untuk pemilu Alhamdulillah Jawa Tengah aman dan target dari angka partisipasi Jawa Tengah ditargetkan 80 persen, tapi Alhamdulillah ini 82 persen angka partisipasinya. Ini menunjukkan bahwa kedewasaan masyarakat Jawa Tengah bahwa mereka memiliki hak. Jadi kami terima kasih kepada masyarakat Jawa Tengah yang sudah ikut berpartisipasi, sehingga angka ini meningkat dari Pemilu 2019,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, terkait pemilu susulan yang akan digelar di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak pada Sabtu (24/2) besok diimbau masyarakat untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

Harapannya, angka partisipasi di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak itu juga bisa tinggi untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024. (Bud)