Kemenkeu I Jateng Inisiasi Peningkatan Perekonomian Sektor UMKM

Seorang pelaku UMKM
Seorang pelaku UMKM sedang menata dagangan berupa makanan olahan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Keuangan I Jawa Tengah mendorong pelaku UMKM, bisa meningkatkan sisi produktivitas usahanya melalui kegiatan Pekan UMKM di halaman KPPN Semarang I, Minggu (12/3).

Ada 28 pelaku UMKM yang dilibatkan, dan menawarkan produk buatannya.

Kepala Perwakilan Kemenkeu I Jateng Muhdi mengatakan kegiatan tersebut sekaligus memeringati Hari Bakti Perbendaharaan ke-19, sehingga pihaknya menginisiasi pelaksanaan kegiatan Pekan UMKM.

Selain pelaku UMKM, panitia juga menghadirkan bank himbara sebagai penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan LKBB selaku penyalur Ultra Mikro (UMi).

Muhdi menjelaskan, dengan dukungan perbankan juga diharapkan membuka peluang UMKM bisa terus tumbuh dan naik kelas

Setidaknya, pelaku UMKM yang turut serta bisa memamerkan dan memasarkan produk buatannya.

Menurutnya, ke-28 itu di antaranya adalah UMKM makanan olahan hingga fesyen batik.

“Tujuannya untuk menggeliatkan perekonomian Jateng melalui UMKM. Sehingga UMKM tadi kita harapkan bisa meningkat dari sisi usahanya, dan masyarakat diharapkan untuk bisa mendorong sisi perekonomiannya dengan melakukan peningkatan konsumsi,” kata Muhdi.

Lebih lanjut Muhdi menjelaskan, dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa membuka peluang pasar dan peningkatan penjualan bagi kalangan UMKM.

Kemenkeu I Jateng juga terus mendorong UMKM binaan di masing-masing kanwil, bisa memanfaatkan kredit Ultra Mikro.

“Dengan saluran penyediaan kredit yang ada ini diharapkan UMKM bisa bertahan dan meningkatkan skala usahanya,” pungkasnya. (Bud)