Kirab Damai Awali Kampanye Pilwakot

IdolaFM, Semarang – Semarak pesta demokrasi tersaji dalam kirab damai tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang yang berlangsung pada Kamis 27 Agustus mulai pukul 14.30 WIB. Kirab ini sekaligus menandai dimulainya masa kampanye Pilwakot Semarang 2015. Setelah membacakan ikrar damai di Balai Kota, Soemarmo-Zuber Safawi, Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti dan Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso diarak keliling kota.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono menyatakan, agenda utama dalam kampanye dimulai pada Kamis 27 Agustus 2015. Agenda utama berikutnya adalah rapat umum yang dilaksanakan pada 31 November dan 1-2 Desember 2015. Selanjutnya, adalah debat Kandidat yang dilaksanakan tanggal 24 November, 27 November, dan 4 Desember 2015.

Sebelumnya, setelah penetapan pasangan Senin 24 Agustus, KPU Kota Semarang melakukan pengundian nomor urut pasangan Pilwakot untuk 9 Desember 2015. Berdasarkan hasil pengundian, pasangan Soemarmo HS-Zuber Safawi memperoleh Nomor urut satu. Pasangan petahana atau incumbent Hendrar Prihadi-Heverita Gunaryanti mendapat Nomor Urut Dua. Sedangkan pasangan Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso mendapat nomor Urut Tiga.

Sementara itu, terkait aturan kampanye, KPU Kota Semarang membatasi branding pasangan calon, termasuk yang ditempel di mobil. Namun pada hari pertama kampanye Kamis (27/8) lalu, KPU Kota Semarang masih memberi kelonggaran untuk tetap memasang branding.

“Setelah kirab damai branding yang ada di mobil harus dilepas semuanya. Ini adalah perintah Panwas yang harus ditaati pasangan calon (Paslon),” ujar Henry.

Henry menjelaskan, pemasangan branding calon adalah tugas KPU Kota. Oleh karena itu jika pasangan calon sendiri yang melakukannya, berarti melanggar peraturan dan bisa digugurkan pencalonannya.

Adapun branding yang difasilitasi KPU Kota Semarang adalah debat publik yang rencananya akan dilaksanakan selama tiga kali dan iklan di media massa. Selain itu penyebaran pamflet, poster, baliho, spanduk dan umbul-umbul juga menjadi kewenangan KPU Kota Semarang. Khusus untuk flyer, nantinya KPU Kota Semarang akan menyerahkan kepada tim pemenangan masing-masing Paslon untuk disebar sendiri. “Kami akan cetak sesuai jumlah kepala keluarga, yakni sekitar 130.000 untuk dibagikan sendiri.”

Nomor Urutku, Keberuntungaku

Terkait hasil pengundian tersebut, masing-masing calon optimistis dapat memenangkan pertarungan dalam ajang Pilwakot tahun ini. Soemarmo HS yang berpasangan dengan Zuber Safawi mengungkapkan perolehan nomor urut ini sudah diatur oleh sang pencipta.

Sementara itu, Pasangan Hendrar Prihadi menyatakan nomor urut dua merupakan viktori kemenangan. Ia mencontohkan Presiden RI Joko Widodo yang pada saat Pemilihan mendapat nomor Urut dua dan memperoleh kemenangan.

Berbeda dengan dua pasangan lain, Sigit Ibnugroho yang merupakan pendatang baru dalam kancah perpolitikan Kota semarang mengemukakan mendapat nomor urut tiga merupakan bentuk kekompakkan. Pasalnya Pada saat pengundian Nomor urut pengambilan bola wakilnya, Agus Sutyoso mendapat nomor tiga. Sementara Sigit pada saat mengambil Bola Nomor Urut pasangan calon juga mendapat Nomor Urut Tiga. (Arif Nugroho/Yudhi Arunggani/Heri CS)

Artikel sebelumnyaPilwakot, KPU Akan Pantau Netralitas Media
Artikel selanjutnyaSukses Akan Datang Bersama Kesempatan, Maka Bersiaplah!