Perbaikan Infrastruktur, PKL Tlogosari Akan Direlokasi

PKL Tlogosari Semarang (photo: metrosemarang)

IdolaFM, Semarang – Pembenahan infrastruktur jalan dan sungai, Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Jalan Raya Tlogosari akan direlokasi ke Taman Suryo Kusumo Pedurungan. Sejumlah pedagang enggan pindah. Pedagang menilai, lokasi relokasi dinilai sulit dijangkau dan sepi.

“Selain itu, jumlah shelter juga tidak sesuai dengan jumlah PKL Tlogosari yang mencapai 600-an pedagang,” kata Wakil Ketua Persatuan Pedagang dan Jasa Unit Tlogosari, Kiswandi kepada Idola FM, akhir pekan lalu.

Menurutnya, rencana relokasi PKL Tlogosari di Taman Suryo Kusumo dinilai kurang tepat. Sebab, selain jumlah shelter yang dibangun hanya sekitar 240 buah juga tidak sesuai dengan jumlah pedagang yang berjumlah sekitar 600 pedagang. Kiswandi menambahkan, lokasi dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan baru bagi pedagang. “Sebab, lokasi relokasi sulit dijangkau dan akan mematikan PKL yang berjualan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi niat baik Pemkot semarang dengan memberi tempat yang resmi untuk PKL Tlogosari. Namun, Pemkot dalam menangani PKL Tlogosari terkesan asal-asallan. Seharusnya, Pemkot Semarang dalam hal ini Dinas Pasar melakukan komunikasi intensif terlebih dahulu dengan perwakilan pedagang. “Sehingga, segala persoalan bisa dirembug bersama.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Trijoto Sardjoko mengatakan, pembangunan Shelter PKL untuk menampung ratusan PKL Tlogosari saat ini telah selesai. Saat ini, Dinas Pasar telah melakukan persiapan untuk melakukan pemindahan para PKL di bantaran sungai Tlogosari pada pertengahan Oktober 2015. Menurutnya shelter-shelter tersebut diprioritaskan untuk pedagang yang berdiri di sepanjang bantaran sungai jalan tlogosari dan juga bagi pedagang yang berjualan di atas jembatan. Data Dinas Pasar menyebutkan, mereka berjumlah 200 pedagang dan shelter yang disiapkan mencapai 224 bangunan.

Menurut Trijoto, dengan selesainya pembangunan shelter, diharapkan semua PKL di sepanjang sungai Tlogosari mau menempati fasilitas yang telah disediakan oleh Pemkot Semarang. “Pedagang di lokasi baru akan lebih aman dan nyaman,” ujar dia.

Dengan penataan PKL Tlogosari di Taman Suryo Kusumo, diharapkan bantaran sungai Tlogosari menjadi lebih bersih dan nyaman. Kerjasama penataan PKL nantinya juga akan melibatkan Satpol PP untuk penertiban. “Setelah PKL dipindahkan ke shelter, maka di lokasi tersebut akan steril dari pedagang dan ramah lingkungan,” tandasnya. (Arif Nugroho / Heri CS)

Artikel sebelumnyaSpiegel, Cita Rasa Eropa Di Kota Lama
Artikel selanjutnyaNoeri’s Café, Menikmati Suasana Klasik Sambil Bernostalgia