[PhotoEvent] Semarang Trending Topic, Kembangkan Kearifan Lokal

Di bulan Oktober, tepatnya Jum’at 23 Oktober 2015, RADIO IDOLA FM kembali menggelar event SEMARANG TRENDING TOPIC di Piccadilly Lounge & Bar Hotel Dafam Semarang. Kali ini tema yang diusung adalah “Kembangkan Kearifan Lokal di Dunia yang Makin Global!”

Buku Global Paradox yang ditulis John Naisbit menjadi pemicu tema Semarang Trending Topic bulan ini. Dalam bukunya itu, Naisbit memperlihatkan, semakin kita menjadi universal, tindakan kita justru semakin kesukuan, dan berpikir lokal, bertindak global.

Indonesia pun tak terlepaskan dari fenomena Global Paradox tersebut. Akhir tahun 2015 ini, Indonesia tengah bersiap menyambut berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Lalu, sejauh mana kesiapan kita dalam menyambutnya, khususnya dalam bidang kebudayaan? Apakah apresiasi masyarakat atas berbagai kesenian daerah, masih utuh terpelihara? Bagaimana mengembangkan kearifan lokal di dunia yang kian mengglobal ini?

Diskusi dan obrolan dalam event Semarang Trending Topic menjadi semakin menarik dan mencerahkan dengan kehadiran 3 narasumber, yaitu:

  1. Prof. Dr. Rustono, M.Hum (Guru Besar Universitas Negeri Semarang).
  2. Dr. Agus Maladi Irianto (Antropolog Universitas Diponegoro).
  3. Albertus Kriswandhono (Tokoh Pelestari Cagar Budaya 2015).

Beberapa tamu undanganpun juga sangat antusias terlibat dalam diskusi.

Atas terselenggaranya event ini, kami mengucapkan terimakasih kepada para tamu undangan yang hadir, narasumber, juga pihak sponsor: Bank Jateng, Neozep Forte dan Hotel Dafam Semarang. Semoga hubungan yang telah terjalin selama ini menjadi semakin baik di masa depan.

Artikel sebelumnya[PhotoEvent] Journey To Success, Breakthrough & Conquest
Artikel selanjutnyaSerunya Raker Di Hotel D’Season Jepara