Bupati Kudus Terpilih sebagai Pembina Forum UMKM Jateng

Mustofa, Bupati Kudus.

Kudus, Idola 92.6 FM – Bupati Kudus Musthofa terpilih sebagai Pembina Forum UMKM Jateng. Musthofa terpilih di sela-sela deklarasi Forum UMKM Jateng yang digelar di Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa (19/4). Forum ini terdiri dari ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari 35 kabupaten-kota se Jawa Tengah. Menurut Musthofa, forum ini sudah memperoleh legal formal dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Dalam kesempatan itu, Musthofa mengingatkan agar pelaku UMKM terus kreatif dan inovatif. Sebab, hampir 80 persen bisnis baru terlebih UMKM gagal pada tahun pertama dan mulai meningkat di tahun berikutnya hingga stabil setelah 10 tahun berdiri.

“Karena itu butuh kerja keras untuk mengembangkan UMKM,” ujar Musthofa.

Menurut Kang Mus, panggilan akrab Musthofa, UMKM sangat efektif untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran, dan peningkatan ekonomi kerakyatan. Saat ini pelaku UMKM banyak dimanjakan kemudahan akses permodalan dengan fasilitas bunga ringan. Kang Mus mengungkapkan, Pemkab Kudus bahkan sudah memiliki program KUP dimana pelaku UMKM tak perlu menyertakan agunan saat mengajukan pinjaman.

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Jateng yang terpilih Suharjo Prasetyo menyatakan, ada sekitar 250 pelaku UMKM di Jateng. Dari forum ini, sesama anggota bisa saling berbagi dan meluaskan jaringan agar bisa mengembangkan produknya.

“Kami juga akan membuat koperasi untuk anggota forum dalam waktu dekat.” (Heri CS)

Artikel sebelumnyaTertib Berlalu Lintas, Cukup Ikuti Rambu-Rambu Yang Ada
Artikel selanjutnyaWali Kota Semarang Beri Penghargaan Si Daffa