Bursa Kerja Diharapkan Mampu Serap Ribuan Lulusan Di Kendal

Kendal, Idola 92.6 FM – Ribuan pelajar SMA/SMK berduyun-duyun mencari pekerjaan di 41 perusahaan yang mengikuti Job Matching atau Job Fair tingkat Jawa Tengah di SMKN 4 Kendal, Senin (19/9).

Wakil Bupati Kendal, Masrur Maskur, membuka langsung Job Matching 2016 tingkat Jawa Tengah di aula SMKN 4 Kendal. Dihadiri pula Kepala SMA/SMKN se-Kab Kendal, Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono, dan Kasi Peningkatan Mutu SMA/SMK Dinas Pendidikan Jawa Tengah,Hari Mulyono.

“Ada 41 perusahaan yang mengikuti Job Matching, berasal dari Kabupaten Kendal, nasional, dan luar negeri. Diantaranya PT Minori, PT Ritail, PT Solaria, PT SAMI,” ujar Ketua panitia Job Matching, Kusdarmanto.

Dari Job Matching yang digelar selama dua hari berturut-turut mulai Senin (19/9), diharapkan perusahaan-perusahaan tersebut bisa menyerap ribuan tenaga kerja yang merupakan lulusan baru SMK sederajat.

Ribuan pelajar mencari lowongan pekerjaan di Job Matching yang digelar di SMKN Kendal, Jawa Tengah, Senin (19/9/2016).
Ribuan pelajar mencari lowongan pekerjaan di Job Matching yang digelar di SMKN Kendal, Jawa Tengah, Senin (19/9/2016).

Kusdaryanto menambahkan, puluhan ribu lulusan SMK sederajat di Jawa Tengah memilih untuk bekerja. Sehingga perusahaan memang diharapkan mampu menampung jumlah lulusan sebanyak itu.

“Contohnya di Kendal ada 6.000 an lulusan, serta tambahan dari SMA sehingga jumlah tersebut pasti lebuh banyak lagi,” ujar Kusdaryanto.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Muryono, berpendapat Job Matching tingkat Jawa Tengah akan termanfaatkan oleh lulusan yang mencari kerja. Karena Perusahaan hadir untuk lulusan baru tersebut.

Bahkan, Kata Muryono, bila Kawasan Indutri Kendal (KIK) sudah berfungsi akhirnya akan menyerap ratusan ribu tenaga kerja.

“Untuk mendapatkan pekerjaa, semua lulusan SMK/SMA di Kendal, harus bisa bersaing dengan daerah laiinya. Untuk itu kami berencana akan membekali lulusan denga sertifikat ketrampilan agar mampu bersaing,” imbuhnya.

Artikel sebelumnyaSetahun Deklarasi SDGs, Sudah Sejauh Mana Indonesia Mengimplementasikannya?
Artikel selanjutnyaDJP Jateng I Buka Pelayanan Di Paragon dan Java Supermal