Cegah Terorisme Dan Narkoba, Kemenkumham Bentuk Tim PORA

Semarang, Idola 92.6 FM – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Jawa Tengah membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) untuk mengawal lalu lintas orang asing yang masuk ke provinsi ini.

Terlebih sudah mulai berlakunya bebas visa bagi warga asing ke Indonesia serta dibukanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Bambang Sumardiono mengatakan rekayasa kondisi untuk peningkatan people to people contact dengan kebijakan bebas visa perlu diimbangi dengan kewaspadaan dan kesiapan dari aparaturnya. Salah satunya dalam upaya pencegahan pelaku terorisme dan pengedar narkotika.

“Saat ini, pengawasan orang asing sudah berjalan maksimal di Jawa Tengah. Dengan Tim PORA yang beranggotakan lembaga terkait misal dari kepolisian dan bea cukai, maka pengawasannya bisa lebih maksimal,” ungkap Bambang di Semarang, Rabu (18/5).

Diketahui, Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham akan membentuk 33 sekretariat Tim PORA di tingkat provinsi. Kemudian, nantinya akan dibentuk 120 sekretariat Tim PORA di tingkat kabupaten dan kota. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaUMKM Perlu Buat Laporan Keuangan Sederhana
Artikel selanjutnyaEksekusi Rumah Warga Kabonharjo Semarang Oleh PT KAI