Hunian Vertikal Jadi Solusi Kurangi Backlog

Heru Sudjatmoko, Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Semarang, Idola 92.6 FM – Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengatakan upaya yang paling efektif untuk mengurangi angka backlog atau defisit kebutuhan perumahan di provinsi ini adalah dengan pengembangan hunian vertikal.

Penerapannya bisa berupa rumah susun (rusun) atau apartemen. Menurutnya, solusi itu dipandang cukup realistis mengingat di Jawa Tengah lahan yang terbatas menjadi persoalan utama dalam penyediaan pemukiman baru.

“Persoalan lahan yang terbatas ini kan tidak hanya dialami pengembang perumahan saja, tetapi juga investor baru. Kuncinya ada di kabupaten/kota, untuk penyediaan lahan perumahan karena izinnya ada di daerah,” bebernya.

Lebih lanjut, dia berharap Jawa Tengah bisa meniru langkah dari pemerintah Vietnam yang telah melakukan pembatasan pembangunan landed house atau rumah tapak dan mengubah pola pembangunan rumah ke hunian vertikal.

Seperti diketahui saat ini jumlah backlog rumah sederhana di seluruh Indonesia mencapai 13 juta unit, sementara 10 persen di antaranya berada di Jawa Tengah. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaTransVision Tidak Syaratkan Pengalaman Kerja Bagi Pencaker Di JobFair BBPLK Semarang
Artikel selanjutnyaPuncak Rob Di Semarang Sampai 16 Mei