Jokowi Minta Menteri Susi Berhenti Tenggelamkan Kapal Asing

Semarang, Idola 92.6 FM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk sementara waktu menghentikan tindakan menenggelamkan kapal nelayan asing yang mengambil ikan di perairan Indonesia secara illegal.

“Saya sudah minta (Bu Susi, red) berhenti dulu menenggelamkan kapal asing. Efeknya penenggelaman kapal sudah luar biasa,” kata Jokowi di Semarang, baru-baru ini.

Menurut Jokowi, sejak kebijakan penenggelaman kapal nelayan asing oleh Menteri Susi Pudjiastuti, tujuh ribuan kapal yang lalu lalang di perairan Indonesia jumlahnya kini sudah mulai berkurang.

“Sudah ada 176 kapal nelayan berbendera asing yang ditenggelamkan (Bu Susi, red). Sekarang efeknya sudah positif,” tuturnya.

Dari penenggelaman ratusan kapal itu, Presiden menyebut, shock teraphy yang dilakukan Susi Pudjiastuti dianggap berhasil dan membuat nelayan asing takut masuk ke wilayah perairan Indonesia.

Oleh karena itu, lebih jauh Jokowi berharap para pengusaha di dalam negeri dapat mengolah kekayaan kelautan dan perikanan.

Seperti diketahui pada masa-masa awal Susi Pudjiastuti menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, 12 kapal nelayan berbendera asing pencuri ikan di perairan Indonesia langsung ditenggelamkan.

Menteri Susi beralasan, hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaBI Kembangkan Klaster Bawang Putih Di Daerah Untuk Redam Inflasi
Artikel selanjutnyaJokowi: Program Listrik 35 Ribu MW Sebuah Kebutuhan