Koleksi Museum Kartini Akan Ditambah

Patung RA. Kartini didepan pintu masuk Museum Kartini Jepara. (photo: nasirullahsitam)

Semarang, Idola 92.6 FM – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara berusaha menambah koleksi di Museum Kartini. Upaya yang dilakukan yakni dengan terus mencari barang-barang peninggalan pahlawan RA Kartini selama hidupnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Mulyaji di Jepara, Kamis (21/4) mengatakan, saat ini koleksi barang-barang peninggalan R.A Kartini di Museum Kartini jumlahnya terbilang sedikit.

Sehingga untuk menambah koleksi, pihaknya terus berupaya melakukan pendataan dan pencarian barang-barang peninggalan milik Kartini di Jepara dan sekitarnya.

“Bahkan, kalau di Jepara tidak ada, kami akan mencari ke Rembang. Sebab, Rembang adalah rumah kedua Kartini. Selain itu, di Rembang juga ada Museum Kartini,” jelasnya.

Untuk upaya itu, kini pihaknya pun telah menggandeng Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang konsen terhadap Kartini untuk membantu mencari barang-barang milik Kartini.

Dia menambhakan, dengan menambah koleksi museum berupa barang-barang milik Kartini tentu akan menambah daya tarik tersendiri bagi Museum Kartini Jepara. Menurutnya tingkat kunjungan ke museum dalam rentang waktu sebulan hanya berkisar seratusan orang saja. (Budi Aris/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaDinas Pasar Diminta Tertibkan Pedagan Pasar Mrican
Artikel selanjutnyaCik Meme Si “Kartini” Lumpia Semarang
Editor In Chief Radio Idola Semarang.