Jepara Diguyur Bantuan Keuangan Sebesar Rp119,4 Miliar, Buat Apa Saja Ya

Bantuan keuangan kepada Pemkab Jepara.
Bantuan keuangan kepada Pemkab Jepara.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemkab Jepara mendapat bantuan keuangan sebesar Rp119,4 miliar, dari Pemprov Jawa Tengah.

Pemprov meminta pemkab, bisa mengelola bantuan keuangan dengan baik dan dipergunakan tepat sasaran.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan bantuan keuangan itu antara lain dialokasikan bagi pemerintah desa untuk peningkatan sarana prasarana, pembangunan rumah tidak layak huni, penanggulangan masalah gizi, jambanisasi dan pemasangan listrik. Hal itu dikatakan usai menyerahkan bantuan kemudian pendapa kabupaten, kemarin.

Nana menjelaskan, bantuan keuangan tersebut agar digunakan secara optimal dan transparan serta akuntabel.

Pemprov Jateng akan melakukan pengawasan dalam penggunaannya.

“Bantuan tersebut juga diberikan kepada pemerintah kabupaten, untuk pembangunan jalan-jalan. Dana ini memang harus digunakan tepat sasaran dan tepat waktu. Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Jepara,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, selain penyerahan bantuan keuangan kepada Pemkab Jepara juga dilakukan peresmian tiga proyek strategis.

Ketiga proyek strategis itu didanai dari bantuan keuangan sarana prasarana Pemprov Jateng yaitu pembangunan perkuatan tebing Sungai Gelis (DAS Gelis) senilai Rp830 juta, pengembangan Tempat Pemrosesan Akhir Desa Bandengan Kecamatan Jepara dengan nilai kontrak Rp2,8 miliar lebih dan peningkatan jalan Nalumsari-Duren sebesar Rp4,8 miliar.

“Total bantuan untuk realisasi proyek strategis kurang lebih Rp8,5 miliar,” pungkasnya. (Bud)